Cara Cepat Atasi Cegukan, Jangan Hanya Minum Air

Reporter : Puri Yuanita
Selasa, 8 Desember 2015 16:39
Cara Cepat Atasi Cegukan, Jangan Hanya Minum Air
Ternyata, selain meminum air, ada beberapa solusi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau menghilangkan cegukan.

Dream - Meski tak berbahaya, cegukan yang datang tiba-tiba dan tak kunjung berhenti tentu sangat mengganggu.

Cegukan sendiri tentu pernah dialami oleh setiap orang. Reaksi tubuh ini terjadi ketika otot diafragma atau membran otot yang memisahkan rongga dada dan rongga perut mengalami kontraksi.

Tiap kontraksi atau kejang mengakibatkan pita suara menutup tiba-tiba sehingga menghasilkan suara khas cegukan.

Cegukan biasanya terjadi selama beberapa menit. Namun adapula yang terjadi dalam waktu lama, hingga lebih dari dua hari. Cegukan semacam ini bisa disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius. Karena itu perlu pemeriksaan medis lebih lanjut.

Sementara cegukan yang terjadi selama beberapa menit ternyata bisa dipicu oleh beberapa hal. Seperti meminum minuman panas, minuman bersoda, minuman beralkohol, memakan makanan pedas, makan terlalu cepat, menelan terlalu banyak udara, merokok, stres atau rasa takut yang berlebihan, perut kembung dan perubahan cuaca mendadak.

Nah, dalam masyarakat ada anggapan, jika seseorang mengalami cegukan maka hal yang harus dilakukan adalah meminum air.

Namun tahukah Anda? Ternyata, selain meminum air, ada beberapa solusi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau menghilangkan cegukan, yaitu:

1. Minum air dan telan sambil memalingkan wajah ke kanan atau ke kiri.

2. Menghirup napas sebanyak 10 kali dengan cukup kuat dan lakukan dengan cepat.

3. Menahan napas selama mungkin, lalu lakukan gerakan menelan saat cegukan dirasa akan muncul. Lakukan 2-3 kali, lalu tarik napas dalam dan mulai lagi.

4. Menahan napas dengan kepala menengadah.

5. Menelan 1 sendok teh gula pasir kering. Cara ini bisa mengatasi cegukan karena gula di dalam mulut akan mengirimkan sinyal melalui serabut saraf yang mengganggu lengkung refleks cegukan.

6. Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut selama beberapa menit hingga cegukan hilang.

7. Membungkuk sampai jari tangan dapat menyentuh ibu jari kaki selama 60 detik.

8. Pegang lidah dengan ibu jari dan telunjuk, lalu tarik ke depan secara perlahan.

9. Lakukan posisi telungkup untuk menekan dada ke lantai.

10. Gigit sebuah jeruk lemon.

11. Mengecap cuka.

Coba lakukan cara-cara tersebut untuk atasi serangan cegukan yang bisa mendatangi Anda kapan saja. Selamat mencoba!

(Ism, Sumber: Majalah Annida Online)

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna