Jenis Kanker Darah Ini Kerap Menyerang Usia Lanjut

Reporter :
Rabu, 13 Februari 2019 14:15
Jenis Kanker Darah Ini Kerap Menyerang Usia Lanjut
Ani Yudhoyono saat ini menjalani pengobatan intensif di Singapura.

Dream - Kabar memprihatinkan datang dari keluarga besar mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sang istri tercinta, Ani Yudhoyono, divonis mengidap penyakit kanker darah.

Dalam keterangannya dalam sebuah video, SBY mengungkap bahwa saat ini Ibu Ani sedang menjalani pengobatan intensif di Singapura. Hal tersebut berdasarkan rekomendasi tim dokter Kepresidenan.

Tak dijelaskan secara detail soal kondisi penyakit Ani, SBY hanya mengungkap kalau sang istri menjalani pengobatan karena kanker darah. Penyakit kanker satu ini memang bisa menyerang siapa pun di berbagai usia.

Namun ada satu jenis kanker darah yang kerap terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Saat ini Ani Yudhoyono berusia 66 tahun. Dikutip dari Gleneagles.com.sg, kanker darah yang sering terjadi pada usia lanjut adalah Non-Hodgkin Lymphoma (NHL).

Kanker tersebut berkembang dalam sistem limfatik tubuh. Sel kanker berkembang dari limfosit (sel darah putih). Efeknya, sel tidak berfungsi sebagaimana harusnya dan mengerubungi sel yang sehat.

1 dari 1 halaman

Penyebab dan Gejala Khas Kanker Darah

Banyak faktor yang membuat seseorang bisa mengalami kanker darah. Antara lain beberapa faktor risiko yaitu kelainan genetika tertentu, pemaparan zat-zat karsinogen dari lingkungan, serta virus seperti virus HIV dan virus Epstein Barr.

 Menguak Mitos Tentang Kanker Darah yang Mematikan

Gejala kanker darah NHL ini kerap muncul seperti keluhan ringan. Sehingga terkadang baru diketahui saat sudah berada di stadium lanjut.

Gejala tersebut antara lain, nyeri dada dan tulang, batuk dan sulit bernapas, kelenjar limfa membesar, demam, berkeringat di malam hari, muncul memar tiba-tiba serta berat badan yang turun drastis.

Beri Komentar
Gus Miftah Ungkap Perubahan Besar Deddy Corbuzier