Keuntungan Memiliki Mata Berwarna Gelap

Reporter : Ratih Wulan
Jumat, 22 Desember 2017 10:15
Keuntungan Memiliki Mata Berwarna Gelap
Bola mata gelap ternyata memyimpan banyak keuntungan.

Dream - Mata menjadi pusat perhatian dari wajah seseorang. Tak heran, jika banyak orang yang mendambakan warna bola mata berwarna-warni.

Padahal tahukah Sahabat Dream jika orang Asia sangat beruntung telah diberkahi mata berwarna hitam.

Warna mata diketahui ditentukan oleh bagian iris. Di dalam iris, ada sejumlah pigmen yang memberi warna pada mata. Kadar pigmen yang terdapat di dalam iris bervariasi pada setiap orang. Itulah mengapa, Anda seringkali menemukan orang bermata hitam, cokelat bahkan biru.

 shutterstock

Semakin tinggi kadar pigmen, maka iris akan terlihat lebih gelap. Warna gelap seperti hitam dan cokelat seringkali dipandang membosankan. Banyak orang yang memakai lensa kontak berwarna-warni, bahkan rela untuk melakukan operasi demi mengubah warna mata.

Padahal pemilik mata berwarna gelap harus lebih bersyukur, terutama bagi Anda yang tinggal di iklim tropis. Dokter Spesialis Katarak dan Glaukoma, Arini Safira menyebutkan bahwa mata dengan warna yang lebih gelap tidak mudah terkena penyakit mata.

" Semakin rendah pigmen pada iris, maka akan semakin tipis sehingga sinar ultraviolet (UV) dapat lebih mudah masuk menembus mata. Apabila masuk mengenai saraf mata, akan menyebabkan kerusakan sehingga memicu penyakit lainnya," tuturnya di acara pembukaan Klinik Mata Utama JEC di Cinere, Kamis 21 Desember 2017.

 shutterstock

Ia menyebutkan, paparan sinar UV bisa memicu penyakit serius seperti Age-Related Macular Degeneration (AMD). Gangguan AMD dapat menyerang makula pada bagian retina. Makula dikelilingi oleh pembuluh darah, apabila rusak terpapar sinar UV akan menyebabkan pembuluh darah menjadi pecah.

Pembuluh darah yang pecah akan menimbulkan gumpalan darah yang menyebabkan titik buta (blindspot) pada bagian tengah penglihatan. Apabila dibiarkan, titik buta dapat melebar dan menyebabkan kebutaan.

(Sah/Laporan: Annisa Mutiara Asharini)

 

Beri Komentar
Dari Jakarta Hingga Bekasi, Ini Situasi Pemukiman yang Terkena Dampak Banjir