Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami, Yakin Aman?

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 9 April 2019 17:42
Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami, Yakin Aman?
Kamu pernah memutihkan gigi dengan cara ini?

Dream - Sahabat Dream pernah membaca informasi seputar teknik memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami seperti strawberry, lemon, baking soda hingga penggunaan arang atau charcoal?

Beberapa di antara kamu mungkin pernah mencobanya? Bagaimana hasilnya, apakah penggunan itu aman untuk digunakan?

 shutterstock

Menurut drg. Andy Wirahadikusumah Sp. Pros Prosthodontist memutihkan gigi dengan bahan alami hasilnya tidak akan signifikan. Beberapa bahan alami pemutih gigi malah tidak disarankannya karena bisa merusak email gigi.

 Sensitive Expert Pepsodent/Tri Yuniwati Lestari

Foto: Sensitive Expert Pepsodent/Tri Yuniwati Lestari

" Lemon, baking soda itu mempunyai kandungan asam cukup tinggi bila digunakan setiap hari karena akan merusak lapisan email gigi dan menjadikan gigi sensitif," kata Andy di acara Sensitive Expert Pepsodent, di Jakarta, Selasa, 9 April 2019.

Andy menjelaskan, lemon yang mengandung kadar asam cukup tinggi akan melunakkan email gigi. Selain hilangnya lapisan email, efek penggunaan bahan dengan keasaman tinggi dalam jangka panjang bisa menyebabkan gigi menjadi kuning

Asam tinggi juga ternyata jadi salah satu pemicu gejala gigi sensitif. Gigi akan terasa ngilu bila menyantap makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin.

 Sensitive Expert Pepsodent/Tri Yuniwati Lestari

Foto: Sensitive Expert Pepsodent/Tri Yuniwati Lestari

Agar perawatan gigi bisa aman, Andy menyarankan agar publik terlebih dahulu berdiskusi dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. 

" Jangan sampai gigi kamu yang tadinya tidak bermasalah menjadi masalah karena penggunaan bahan-bahan yang tidak tepat."

(Sah, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

Beri Komentar
Pilpres Telah Usai (Jokowi & Prabowo)