Muncul Jerawat di Kulit Kepala? Ternyata Ini Penyebabnya

Reporter :
Kamis, 4 April 2019 10:42
Muncul Jerawat di Kulit Kepala? Ternyata Ini Penyebabnya
Jangan abai terhadap kesehatan kulit kepala.

Dream - Terkadang ketika sedang keramas kita menemukan benjolan kecil di kulit kepala. Saat dipencet terasa sakit bahkan hingga keluar darah. Bisa jadi benjolan kecil tersebut adalah jerawat.

Jerawat pada kulit kepala dapat tumbuh di sekitar garis rambut atau di bawah rambut anda. Hal ini tentu sangat menggangu ketika sedang menyisir atau menggosok kulit kepala saat keramas.

Apa yang menyebabkan jerawat pada kulit kepala?

Menurut Purvisha Patel, MD, dokter kulit dari Advanced Dermatology & Skin Cancer Associates di Memphis, jerawat pada kulit kepala sama seperti jerawat pada umumnya, seperti di wajah atau bagian lain dari tubuh.

Dikutip dari Prevention, jerawat dapat terbentuk ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak atau ketika kotoran terperangkap di dalam. Penyumbatan menyebabkan pori menjadi meradang, yang dapat menyebabkan kemerahan dan rasa sakit atau iritasi.

" Jerawat kulit kepala sering merupakan perpanjangan dari jerawat di wajah. Hal ini sering disebabkan karena kondisi rambut berminyak, menggunakan produk rambut dengan kadar minyak tinggi atau menggunakan produk wajah berminyak di dekat garis rambut," kata Robin Evans, MD, seorang dokter kulit di Southern Connecticut Dermatology.

1 dari 1 halaman

Folikulitis

Jika benjolan tersebut tumbuh pada bagian lain dari kulit kepala, mungkin juga kamu mengalami folikulitis. Yaitu kondisi mirip jerawat yang terjadi ketika folikel rambut pada kulit kepala terinfeksi oleh bakteri atau jamur.

 Ternyata Ini Penyebab Kulit Kepala Gatal dan Berketombe

Benjolan ini tidak selalu sakit, tetapi terkadang bisa terasa gatal. Folikulitis cenderung tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab.

Selain itu folikulitis lebih rentan jika kamu mengenakan hijab, topi atau helm saat berolahraga di cuaca yang panas dan lembab.

Terutama jika tidak mencuci rambut setelah melakukan aktivitas di luar ruangan dan rambut penuh keringat. Untuk itu pastikan menjaga kesehatan kulit kepala agar terhindar dari jerawat dan folikulitis.

Laporan Tri Yuniwati

Beri Komentar
(Deep Dream) Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary