Nyeri Punggung Tak Tertahankan, Kenali Pemicunya

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 26 Oktober 2018 07:44
Nyeri Punggung Tak Tertahankan, Kenali Pemicunya
Terkadang, nyeri punggung dapat terjadi mendadak tanpa sebab yang jelas

Dream - Jangan sepelekan nyeri punggung. Ari Lasso sampai harus membatalkan konsernya karena punggungnya mengalami nyeri hebat dan dirawat di rumah sakit. Banyak orang yang menganggap nyeri punggu bakal hilang dengan sendirinya.

Padahal, banyak kasus nyeri punggung yang justru semakin parah dan menghambat aktivitas. Bahkan pada beberapa kasus, nyeri yang muncul sangat hebat.

Nyeri punggung, seperti dikutip dari Alo Dokter, timbul karena adanya masalah pada salah satu bagian tulang-tulang yang menyatu dengan otot, tendon, ligamen, saraf, serta cakram sebagai bantalan peredam benturan.

Posisi duduk, berdiri, dan mengangkat benda dapat menjadi penyebab nyeri punggung. Cedera atau penyakit yang menyebabkan nyeri punggung umumnya tidak bersifat serius. Penyebab paling umum adalah keseleo, cedera ringan, saraf terjepit atau teriritasi, dan ketegangan otot.

Terkadang nyeri punggung dapat terjadi mendadak tanpa sebab yang jelas. Misalnya, sebagian orang yang bangun di pagi hari tiba-tiba dapat merasa nyeri punggung tanpa tahu penyebabnya.

1 dari 1 halaman

Pemicu Sakit Punggung Ternyata...

Sering Sakit Punggung? Hati-hati Kanker Prostat© MEN

Berikut ini beberapa hal lain yang dapat menyebabkan nyeri punggung:

- Posisi tubuh yang salah saat mengangkat, membawa, menekan, atau menarik sesuatu
- Perenggangan tubuh yang berlebihan
- Posisi duduk yang tidak benar
- Membalikkan badan secara tiba-tiba
- Berkendara dalam waktu lama atau dalam posisi membungkuk tanpa jeda
- Gerakan buruk yang dilakukan berulang-ulang dapat memicu otot bekerja secara berlebihan

Ada juga kondisi yang meningkatkan risiko terjadinya nyeri punggung. Kondisi tersebut antara lain, stres atau depresi, berat badan berlebih, kehamilan dan merokok. Selengkapnya baca di sini.

Beri Komentar