Meski Bugar, Periksa Kesehatanmu untuk Deteksi Dini Penyakit Tak Bergejala

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 12 April 2021 06:12
Meski Bugar, Periksa Kesehatanmu untuk Deteksi Dini Penyakit Tak Bergejala
Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Dream - Pemeriksaan kesehatan bukan cuma untuk yang sedang sakit saja. Tapi buat kamu yang bugar juga wajib memeriksakan kesehatan tiap tahunnya. 

Pemeriksaan kesehatan, selain dapat menurunkan faktor risiko juga menjadi upaya deteksi dini penyakit yang sudah diderita sejak lama. Sebab, ada beberapa penyakit serius yang timbul tanpa gejala. Salah satunya, hipertensi.

" Hipertensi juga seringkali tidak ada gejala, padahal pengukuran tekanan darah ini sangat sederhana," ujar Imelda Maria Loho, dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Pondok Indah - Puri Indah pada konferensi pers virtual Kamis, 8 April 2021.

" Cuma menggunakan alat tensimeter bahkan sekarang banyak sekali yang matic, tapi karena tidak dilakukan pemeriksaan secara berkala akhirnya tensi itu bisa sampai 200, 190 tapi gak ada keluhan apa apa orangnya," tambah dia.

Ia menambahkan, seringkali kejadian tersebut membuat pasien datang ke rumah sakit sudah dengan gejala stroke, di mana muncul komplikasi dengan penyakit dasar yang tidak bergejala.

1 dari 4 halaman

Tetap jaga kesehatan, ya.

Selain hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, kanker juga seringkali menjadi penyakit yang tidak bergejala.

" Kalau yang kanker juga sama, jadi pada waktu ukuran kecil dia tidak ada gejala, ketika berukuran besar baru keluhannya nyeri, tidak enak, tidak nafsu makan, berat badan turun, tapi sudah terlampau besar, sehingga tidak dapat disembuhkan, nah ini adalah penyakit-penyakit yang sering tidak diketahui tanpa gejala," ujar dr. Imelda.

Cek kesehatan rutin/RSPI© Dream.co.id/Yuni Puspita Dewi

Perubahan pola dan gaya hidup di tengah pandemi seperti tidak banyak bergerak, banyak makanan fast food, kurangnya aktivitas, dan didominasi dengan kegiatan monoton di depan laptop atau smartphone membuat anak-anak cenderung mengalami obesitas.

Sehingga penting untuk mendeteksi dini penyakit, demi mencegah penyakit serius lainnya yang bisa timbul di masa yang akan mendatang.

Untuk itu, di 2021 ini layanan eksekutif health check up di seluruh Rumah Sakit Pondok Indah Grup sudah mulai kembali beroperasi dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat.

Reporter: Yuni Puspita Dewi

2 dari 4 halaman

5 Latihan Simpel Hilangkan Lemak di Wajah

Dream - Lemak yang berlebihan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Penumpukan lemak berlebih juga dapat mengganggu penampilan. Lemak bisa menumpuk di beberapa bagian tubuh, seperti perut dan paha.

Selain itu penumpukan pun dapat terjadi pada wajah. Lemak yang menumpuk pada wajah tentu sangat menggangu penampilan. Untuk kamu yang memiliki masalah dengan lemak di wajah, ada 5 latihan wajah simple yang bisa kamu lakukan.

Latihan Hilangkan Lemak Wajah© Shutterstock

Latihan Simple dengan Pipi

Latihan sederhana dengan cara menggembungkan pipi dapat meningkatkan sirkulasi darah di sekitar otot, terutama di bagian pipi. Sirkulasi darah yang baik dapat memperkuat otot pipi bagian atas. Selain itu, sirkulasi yang baik juga dapat memperbaiki penampilan wajah.

Kamu cukup memasukan udara ke dalam mulutmu lalu menahannya selama 10 detik. Setelah itu putar udara ke arah pipi kanan selama 10 detik. Lakukan langkah yang sama pada pipi bagian kiri. Latihan simple ini cukup kamu ulangi sebanyak 10 kali.

3 dari 4 halaman

Gerakan Simpel nan Mudah

Atasi Kerutan dengan Gerakan Angkat Dahi

Rajin mengangkat dahi menyebabkan alis juga akan ikut terangkat. Tindakan ini juga dapat membantu menghilangkan kerutan pada dahi yang biasanya disebabkan oleh pergerakan otot frontalis di dahi.

Selain membantu menghilangkan kerutan pada dahi, latihan ringkas ini juga bagus untuk mengatasi alis yang kendur.

Untuk melakukan latihan ringkas ini, kamu bisa meletakan jari telunjuk dan jari tengah di antara alis. Jangan lupa untuk meletakan jari lainnya serta telapak tangan pada wajah. Kemudian buka mata lalu gerakan alis ke atas dan ke bawah dengan bantuan jari.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, kamu bisa lakukan latihan ini dalam 3 set dengan waktu masing-masing 30 detik.

Latihan Hilangkan Lemak Wajah© Shutterstock

Latihan Bibir untuk Mempertegas Rahang

Latihan bibir ini membantumu untuk menghilangkan lemak mengganggu pada wajahmu. Selain itu latihan ini dapat mempertegas tampilan garis rahang.

Caranya mudah, kamu tinggal mendorong bibir bagian bawah ke belakang atau ke salah satu sudut mulut. Lalu tekan otot yang terdapat di leher selama 10.

4 dari 4 halaman

Wajah jadi Bebas Lemak

Latihan Angkat Dagu untuk Lemak Bandel

Rutin melakukan latihan angkat dagu bisa jadi solusi tepat untuk menghilangkan lemak bandel di area dagu. Latihan ini menarget bagian bawah wajah, termasuk rahang.

Untuk melakukan latihan ini kamu tinggal menggerakan kepala ke bagian belakang lalu merenggangkan leher, lakukan sebanyak yang kamu bisa. Angkat kepalamu sedikit ke atas, kemudian gerakan bibir bawah ke atas dan tahan selama 10 detik.

Latihan Hilangkan Lemak Wajah© Shutterstock

Kurangi Lemak dengan Latihan Tulang Pipi

Latihan mengangkat tulang pipi ternyata memiliki banyak manfaat, seperti dapat mengencangkan otot pipi, mengurangi lemak pada wajah serta mempertahkan bentuk pipi.

Coba letakan jari-jari pada pipi, lalu angkat pipi dengan bnatuan jari. Saat mengangkat pipi, kamu harus membuka mulut hingga menyerupai huruf O. Tahan posisi ini selama 5 detik. Kamu akan merasakan sedikit tekanan pada otot pipi saat melakukan latiahan ini. Jangan lupa untuk mengulangi latihan pipi ini selama 10 kali ya!

(Sumber: timesofindia.indiatimes.com)

Beri Komentar