Hindari Latihan Beban, Ini Olah Fisik Buat Penderita Diabetes

Reporter : Cynthia Amanda Male
Selasa, 2 Juli 2019 10:12
Hindari Latihan Beban, Ini Olah Fisik Buat Penderita Diabetes
Latihan beban malah akan membuat risiko pecah pembuluh darah meningkat.

Dream - Untuk mendapatkan proporsi tubuh yang ideal, kamu harus melakukan latihan kardio dan juga beban. Namun berbeda bagi penderita diabetes. Mereka memang diharuskan untuk lebih aktif agar kondisi tubuhnya membaik tapi tidak dianjurkan melakukan latihan beban.

" Minimal setiap hari aktivitas aerobik 30 menit, per minggunya 150 menit. Jadi, paling nggak 5 hari olahraga dalam seminggu," tutur Ketut Suastika, ahli endokrin yang juga Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni).

Olahraga yang baik untuk penderita hanya aktivitas fisik santai dari jenis aerobik. Seperti jalan kaki, jogging, bersepeda maupun berenang.

" Kalau bukan aerobik itu jelek, akan memicu oksidatif stres dalam tubuh. Apalagi yang sudah komplikasi," katanya.

1 dari 6 halaman

Olahraga Santai

Ketut menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik sederhana di rumah seperti jalan kaki dari rumah ke tujuan tertentu. Mengepel, menyapu atau menyuci pakaian juga dianjurkan, yang terpenting tubuh harus bergerak.

" Saat baru bangun kan ada aktivitas fisik. Misalnya pergi ke pasar yang biasanya naik motor, coba jalan kaki. Jadi, olahraga itu termasuk aktivitas fisik yang ada manfaatnya," ungkapnya.

 Rutin Olahraga Lari Bikin Pintar

Bagi penderita diabetes, latihan beban malah bisa meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah. Bagi kesehatan mata, ini bisa sangat berbahaya.

" Tidak dianjurkan fisiometrik seperti angkat beban yang besar karena dia akan mengejan. Kalau mengejan dan retinanya rapuh, bisa pecah dan buta mendadak. Jadi, tidak dianjurkan," ujarnya.

2 dari 6 halaman

Menu Sarapan Ini Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Dream - Mengatur kadar gula dalam darah bukanlah hal mudah. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes. Salah satu cara untuk mengontrolnya adalah dengan memperbaiki menu makanan.

Mengurangi asupan karbohidrat dan memperbanyak protein. Hal ini dimulai dari menu sarapan. Ada makanan kaya protein yang sangat dianjurkan bagi penderita diabetes sebagai menu sarapan.

 Menu Sarapan Ini Direkomendasikan untuk Penderita Diabetes

Apa itu? Jawabannya adalah telur. Hal ini menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal American of Clinical Nutrition. Diketahui, penderita diabetes yang makan telur saat sarapan bisa mengurangi level gula darahnya.

3 dari 6 halaman

Mengontrol Level Gula Darah

Mengonsumsi sarapan dengan karbohidrat rendah dan protein tinggi seperti telur atau selai kacang dapat membantu mengontrol level gula darah pada penderita diabetes tipe 2 yaitu Type 2 Diabetes (T2D).

 Makan Telur Setiap Hari, Sehatkah?

" Sarapan dengan protein tinggi adalah cara sederhana untuk mencegah lonjakan besar kadar gula darah. Ini juga meningkatkan kontrol glikemik sepanjang hari, dan mungkin juga dapat mengurangi komplikasi diabetes lainnya," kata Jonathan Little, salah satu peneliti, seperti dikutip dari The Health Site.

4 dari 6 halaman

Bisa Diterapkan untuk Mereka yang Normal

Penelitian juga mengungkap sarapan tinggi protein akan mencegah naiknya gula darah setelah sarapan. Hal ini sangat berpengaruh untuk menurunkan paparan glukosa secara keseluruhan dan meningkatkan stabilitas glukosa dalam tubuh selama 24 jam ke depan.

 Telur Ayam Kampung, `Idola` Masyarakat Indonesia

Keinginan untuk makanan manis pun cenderung lebih rendah jika mengkonsumsi sarapan karbohidrat rendah. Pola sarapan tinggi protein ini juga bisa diterapkan pada mereka yang tak memiliki penyakit diabetes tapi ingin menjaga level gula darah.

Laporan Tri Yuniwati 

5 dari 6 halaman

Level Gula Darah Naik Drastis, Kenali Gejalanya

Dream - Gula darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai gejala. Kondisi yang dalam istilah medis disebut hiperglikemia ini terjadi ketika kadar glukosa dalam darah meningkat.

Sebagian besar makanan yang kita konsumsi berdampak pada gula darah. Dikutip dari Self, pakar gizi, Moskovitz, R.D, mengatakan bahwa makanan tinggi karbohidrat dan gula yang rendah lemak dan serat, seperti makanan yang dipanggang, roti tepung putih, soda, dan permen, bisa memicu naiknya level gula darah.

 Anak Juga Bisa Terkena Diabetes, Kenali Gejalanya

Biasanya ketika makan sesuatu yang mengandung gula atau karbohidrat, pankreas akan membuat insulin, hormon yang dibutuhkan tubuh Anda untuk memproses glukosa. Setiap glukosa yang tersisa disimpan di hati untuk memastikan itu tidak berkeliaran di dalam darah.

Sistem ini bekerja sangat baik pada orang dewasa sehat yang tidak menderita diabetes. Namun, jika menderita diabetes, tubuh tak bisa memproduksi insulin dengan normal. Sehingga level kadar gula sangat tinggi dan menimbulkan sederet gejala.

6 dari 6 halaman

Tanda-Tanda Saat Gula Darah Tinggi

1. Kelelahan

Merasa sangat lelah, lemah, atau letih adalah salah satu gejala meskipun tidak spesifik. Bisa juga merupakan tanda-tanda gula darah rendah. Tetapi jika rasa lelah tidak hilang dengan istirahat yang cukup sangat penting untuk memeriksanya.

 Anak Tidur Sambil Berjalan, Apa Penyebabnya?

2. Sakit kepala

Sakit kepala sangat umum terjadi, namun jika merasa sakit kepala kronis perlu didiskusikan dengan dokter. Bisa jadi level gula darah sedang naik dratis.

3. Penglihatan kabur

Jumlah glukosa yang berlebihan dalam darah dapat mempengaruhi retin, menyebabkan suatu kondisi yang disebut retinopati diabetik. Akibatnya, penglihatan kabur dan muncul bayangan bergerak atau floaters.

 9 Alternatif Penangkal Haus Selain Air

4. Sering buang air kecil

Glukosa juga dapat memengaruhi ginjal, yang bertanggung jawab untuk membuang kelebihan air dari darah untuk menghasilkan urine. Terlalu banyak glukosa dalam darah dapat merusak pembuluh darah di ginjal. Hal ini membuat proses penyaringan kurang efisien dan menyebabkan kencing lebih banyak.

5. Rasa haus meningkat

Efek dari terus-menerus buang air kecil adalah rasa haus yang meningkat. Terutama saat malam hari.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone