Sulit Menahan Amarah? Coba 7 Trik Turunkan Level Emosi

Reporter :
Rabu, 3 April 2019 13:02
Sulit Menahan Amarah? Coba 7 Trik Turunkan Level Emosi
Jangan sampai kita dikontrol oleh emosi yang memuncak.

Dream - Rasa marah merupakan perasaan normal yang biasa terjadi pada setiap orang. Di sisi lain rasa amarah ini bisa menjadi emosi positif yang bisa membantu anda dalam mengatasi masalah, baik di tempat kerja atau di rumah.

Namun, ketika rasa marah dan level emosi tidak bisa dikontrol, bisa menjadi agresi, ledakan emosi, atau bahkan pertengkaran fisik. Sebelum rasa marah meningkat, kamu dapat menggunakan strategi khusus untuk mengendalikan kemarahan.

Coba saja tujuh trik ini untuk turunkan level emosi:

1. Hitung Mundur
Kamu dapat melakukan hitungan mundur hingga 10. Jika benar-benar marah, mulailah berhitung dari 100. Saat menghitung, detak jantung akan melambat, dan rasa amarah anda kemungkinan akan mereda.

2. Ambil Napas Panjang
Napas menjadi lebih dangkal dan semakin cepat saat emosi memuncak. Kamu dapat menahan rasa marah dengan mengambil napas dalam-dalam dari hidung dan keluarkan perlahan dari mulut.

3. Olahraga
Olahraga dapat membantu menenangkan saraf dan mengurangi kemarahan. Misalnya seperti berjalan-jalan, naik sepeda, atau bermain golf. Apa pun yang membuat tubuh memompa darah dengan baik untuk pikiran dan tubuh.

1 dari 1 halaman

Coba Juga Trik Ini

4. Pengulangan Kata
Temukan kata atau frasa yang membantu menjadi tenang dan fokus kembali. Ulangi kata-kata tersebut saat kesal. Misalnya seperti " Tenang," " Tenang saja, dan" Kamu akan baik-baik saja”.

5. Peregangan
Putar leher dan bahu adalah contoh yang baik dari gerakan yoga yang dapat membantu kamu mengendalikan tubuh dan memanfaatkan emosi.

 Stress Pengaruhi Mood Wanita Muda

6. Melarikan diri
Masuklah ke ruangan yang tenang, tutup mata dan berlatih memvisualisasikan diri dalam adegan santai. Fokus pada detail dalam adegan imajiner: Apa warna airnya? Berapa tinggi gunung itu? Seperti apa suara burung berkicau? Latihan ini dapat membantu kamu menemukan ketenangan di tengah kemarahan.

7. Mendengarkan Musik
Biarkan musik membawa kamu jauh dari perasaan yang sedang dialami. Pakai headphone, pilih musik favorit dan bersenandunglah atau bernyanyi kencang.

(ism, Laporan Tri Yuniwati/ Sumber: Healthline)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone