4 Pantangan Saat Berwisata ke Turki

Reporter : Puri Yuanita
Kamis, 6 Agustus 2015 17:43
4 Pantangan Saat Berwisata ke Turki
Ada sejumlah aturan budaya yang tak boleh dilanggar di negara ini.

Dream - Perpaduan budaya Islam dan modern membuat Turki menjadi unik dan banyak diminati wisatawan. Termasuk para wisatawan asal Indonesia. Namun, Anda yang berencana mengunjungi 'negara dua benua' ini sebaiknya benar-benar memperhatikan dan menghargai perbedaan budaya yang ada di sana.

Alasannya, ada sejumlah aturan budaya yang tak boleh dilanggar di negara ini. Dilansir dari laman Wordguide, Kamis 6 Agustus 2015, berikut 4 hal yang pantang dilakukan saat berada di Turki.

1. Jangan ambil foto tanpa permisi
Mungkin di Indonesia mengambil foto secara candid adalah hal biasa. Namun jangan coba-coba lakukan itu di Turki jika Anda tidak ingin dianggap sebagai orang jahat. Anda dilarang untuk mengambil gambar orang tanpa izin, terutama orang tua, karena dianggap tidak sopan. Selain orang tua, Anda dilarang untuk memfoto wanita berhijab, orang salat atau fasilitas-fasilitas militer.

2. Jangan perlihatkan telapak kaki
Jika Anda diundang ke rumah seseorang di Turki, usahakan untuk tidak duduk dengan posisi telapak kaki yang terlihat. Umumnya, di rumah warga Turki kebanyakan Anda akan dipersilakan duduk di atas bantal atau karpet. Nah, duduklah bersila atau memposisikan kaki Anda ke satu sisi agar telapak tak kelihatan.

3. Jangan mudah tersinggung
Ada beberapa budaya dan tradisi Turki tentang laki-laki dan perempuan. Jika seorang wanita pergi ke Turki dengan teman laki-laki dan hanya si laki-laki yang diajak bicara oleh laki-laki Turki, tak perlu tersinggung. Hal ini dilakukan justru karena mereka menghargai wanita dan tidak ingin melanggar batasan kesopanan. Hal lain yang pantang dilakukan, seorang laki-laki tak boleh duduk persis di samping perempuan lajang.

4. Jangan berjalan di depan orang salat
Aturan ini berlaku di hampir seluruh negara mayoritas Muslim, termasuk Turki. Saat berkunjung ke masjid, Anda dilarang keras berjalan di depan orang yang sedang salat atau berdoa. Sebagian masyarakat Turki percaya, doa mereka tidak akan dikabulkan jika ada orang yang berjalan di depannya saat berdoa.

Beri Komentar