Kiswah Rp 64 Miliar Dipasang di Kabah

Reporter : Eko Huda S
Sabtu, 4 Oktober 2014 11:30
Kiswah Rp 64 Miliar Dipasang di Kabah
Pemerintah Arab Saudi mengganti kiswah atau penutup Kabah. Pengantian dilakukan pada Jumat 3 Oktober kemarin, atau bertepatan pada 9 Zulhijah.

Dream - Pemerintah Arab Saudi mengganti kiswah atau penutup Kabah. Penggantian dilakukan pada Jumat 3 Oktober kemarin, atau bertepatan pada 9 Zulhijah, saat jutaan jamaah haji melakukan wukuf di Arafah sebagai puncak ibadah rukun Islam ke lima itu.

Dikutp Dream dari Saudi Gazette, Sabtu 4 Oktober 2014, petugas melepas kiswah lama dan menggantinya dengan yang baru. Kiswah baru itu terbuat dari kain sutra murni dengan sulaman benang emas. Biaya pembuatannya mencapai 20 juta riyal Saudi atau sekitar Rp 64 miliar.

Tinggi kiswah itu 14 meter, dengan lebar 47 meter. Kain sutra hitam ini bisa menutup keempat sisi Kabah yang berada di tengah-tengah Masjidil Haram. Diperlukan sutra murni seberat 620 kilogram untuk membuat kiswah itu.

Untuk membuat sulaman ayat-ayat Alquran selebar 95 sentimeter di permukaan kiswah, diperlukan benang perak berlapis emas seberat 120 kilogram.

Kain sutera untuk membuat kiswa memang diimpor dari luar negeri, namun proses pembuatan kiswah seluruhnya dilakukan di Arab Saudi oleh sekitar 200 karyawan di perusahaan khusus pembuat kiswah. Di masa lalu, kiswah bekas dibuat oleh negara-negara muslim lain.

Beri Komentar
Summer Style 2019