Potret Veteran Muslim Amerika Serikat

Reporter : Sandy Mahaputra
Rabu, 28 Mei 2014 07:03
Potret Veteran Muslim Amerika Serikat
Negeri Paman Sam merupakan rumah bagi komunitas Muslim yang berjumlah sekitar enam hingga delapan juta jiwa. Ada lebih dari 20.000 Muslim yang turut bertugas di militer.

Dream - Dalam rangka mengenang para tentara Amerika Serikat yang meninggal saat membela negara, sebuah grup advokasi Muslim Amerika ternama merilis sebuah video pendek yang menampilkan beberapa veteran Muslim Amerika.

Hal ini dilakukan untuk menyambut Memorial Day atau Hari Pahlawan di Amerika yang diperingati setiap tahunnya pada Senin terakhir bulan Mei. Tahun ini Memorial Day jatuh pada 26 Mei 2014.

" Nama saya Dawud Walid. Saya direktur eksekutif Council on American-Islamic Relations atau CAIR, cabang Michigan. Saya bertugas di Angkatan Laut," kata perwakilan CAIR tersebut dalam video berdurasi 44 detik.

Memorial Day adalah hari libur federal di AS, di mana pria dan wanita yang meninggal saat bertugas dalam Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dikenang.

Selain Dawud Walid, dua veteran Muslim lainnya turut memperkenalkan diri dalam video tersebut. " Nama saya Sakinah Mujahid. Saya adalah dewan penasihat CAIR Minnesota dan saya bertugas selama 13 tahun di Angkatan Darat."

Sementara veteran lain yang bernama Wilfredo Ruiz memperkenalkan diri dalam bahasa Spanyol. " Nama saya Wilfredo Ruiz. Saya seorang pengacara di kantor CAIR Florida. Saya adalah mantan perwira di Angkatan Laut AS."

Video tribute tersebut berakhir dengan pesan: " Pada Hari Memorial ini, CAIR menghormati semua orang yang melayani negara kita."

Amerika Serikat merupakan rumah bagi komunitas Muslim yang berjumlah sekitar enam hingga delapan juta jiwa.

Tidak ada data resmi terkait jumlah tentara Muslim yang turut memperkuat angkatan bersenjata AS karena saat perekrutan, anggota tidak disyaratkan untuk menyatakan agama yang dianut.

Namun menurut Angkatan Bersenjata Muslim Amerika dan Veteran Affair Council, ada lebih dari 20.000 Muslim yang turut bertugas di militer.

(Sumber: Onislam.net)

Beri Komentar