Wisata Perbatasan ke Timur Indonesia

Reporter : Puri Yuanita
Jumat, 23 Oktober 2015 17:45
Wisata Perbatasan ke Timur Indonesia
Pemprov NTT tengah gencar membangun pariwisata di Indonesia bagian Timur. Salah satunya dengan menggelar Tour de Timor (TdT) pada 16-19 Desember mendatang.

Dream - Letak geografis Nusa Tenggara Timur (NTT) yang terletak di perbatasan Australia dan Timur Leste, dianggap sebagai posisi yang strategis. Terlebih untuk mendukung rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT yang ingin menghidupkan kembali ekonomi di segitiga emas Kupang-Dili-Darwin.

Tapi adakalanya posisi tersebut mengancam kedaulatan daerah-daerah di perbatasan. Seperti yang diungkapkan Welly Rohinome, Plt Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, bahwa dalam waktu dekat Timor Leste akan membangun bandara internasional dan Casino terbesar di kepulauan Makassar.

" Pulau Makassar itu merupakan enclave mereka yang ada di wilayah NTT. Jadi posisinya meskipun milik Timor Leste tapi ada di dalam Indonesia. Dulu kesepakatan kalau memang mau memisahkan diri ya harus ikut sekalian," tutur Welly pada Kamis, 22 Oktober 2015.

Hal itulah yang memotivasi Pemprov NTT untuk segera bergegas membangun pariwisata di Indonesia bagian Timur. Salah satunya dengan menggelar Tour de Timor (TdT) pada 16-19 Desember mendatang. Tour dan Racing sepeda ini ditargetkan dapat mengenalkan NTT ke mata dunia.

" Sejauh ini kita terus membuka pendaftaran dan sudah ada Iran, Malaysia, Brunei dan Timor Leste yang sudah konfirmasi," ungkap Puspita Mustika Adya, Head Technical TdT.

Hal itu pula yang menginspirasi Pemprov NTT untuk mengambil wilayah keberangkatan TdT di Atambua yang merupakan daerah perbatasan dengan Timor Leste.

" Kita start di Atambua agar dunia tahu, kalau daerah perbatasan itu milik kita. Jangan kau ganggu-ganggu, dan bela NKRI itu sudah harga mati," kata Welly saat dijumpai di gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Begitu pula saat Timor Leste mengadakan agenda touring terlebih dahulu. Pemprov NTT diajak begabung untuk kerjasama, sehingga mereka pun diuntungkan karena dapat masuk Pulau Makassar melalui jalur yang bagus milik Indonesia.

" Kalau tidak ajak kita mau lewat mana mereka, mau lewat laut menuju enclave itu," imbuhnya kemudian.

Beri Komentar