Begini Mengatur Pola Diet yang Tepat

Reporter : Ratih Wulan
Jumat, 21 Oktober 2016 06:44
Begini Mengatur Pola Diet yang Tepat
Tidak perlu menghindari makanan secara berlebihan. Hanya mengaturnya dalam variasi porsi yang tepat.

Dream - Membatasi porsi makanan, masih dianggap sebagai cara yang paling efektif untuk menurunkan berat badan. Diungkapkan pakar gizi Sari Sunda Bulan, dalam aturan diet, pengurangan porsi makan akan disesuaikan dengan kebutuhan tinggi dan berat setiap orang.

Menurut Sari, tidak perlu menghindari makanan secara berlebihan. Hanya mengaturnya dalam variasi porsi yang tepat. Misalnya, dalam sehari porsi ideal karbohidrat yang dibutuhkan tubuh hanya sekitar 3-4 porsi.

" Satu porsi itu roti dua slices, kalau kentang ukuran sedang itu dua biji. Nasi 12 sendok atau yang paling gampang pakai ukuran kepalan tangan kita," tutur Sari yang dijumpai Kamis, 20 Oktober di Kawasan Kuningan, Jalarta Selatan.

Sedangkan untuk lauk pauk, tubuh membutuhkan 2-3 porsi dalam sehari. Cara menakar yang paling mudah yaitu dengan mengonsumsi lauk seukuran kotak telapak tangan masing-masing orang. Lalu diseimbangkan dengan sayur dan buah dengan porsi yang sama.

Menghindari rasa lapar yang sering datang mendadak, Sari menyarankan agar jadwal dibagi hingga 5-6 kali. Pertama, jangan pernah abaikan sarapan dan makan siang. Lalu, sediakan makan selipan untuk mengatasi hasrat makan berlebih.

" Sarapan kalau roti itu dua lembar, kalau bisa kasih scramble egg yang dimasak sama oat. Itu lebih bagus lagi karena banyak seratnya. Sedangkan kalau lapar lagi makan buah, jus, crackers dua biji atau lemper sebiji saja," imbuhnya.

Sari berpesan agar menjaga asupan protein sehingga menjaga rasa kenyang tahan lebih lama. Apalagi saat malam hari, usahakan agar menyudahi makan 2-3 jam sebelum pergi tidur.

" Diet yang bagus itu tidak turun drastis agar tahan lebih lama. Usahakan turun 1-2 kg saja dalam seminggu," pungkasnya. (Ism) 

Beri Komentar