Kain Sulawesi Tenggara Bakal Kejutkan Moskow

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Kamis, 4 Juli 2019 12:36
Kain Sulawesi Tenggara Bakal Kejutkan Moskow
Kain Nusantara kembali meramaikan Festival Indonesia Moskow (FIM) 2019.

Dream - Untuk keempat kalinya, desainer Ferry Sunarto diberi kehormatan untuk memperkenalkan budaya Indonesia melalui fashion di hadapan pecinta mode Rusia.

Koleksi bertajuk De’Posuo akan ditampilkan secara perdana pada pagelaran tunggal di acara Festival Indonesia Moskow (FIM) 2019. Bertempat di Krasnaya Presnya Park, Moskow, Ferry Sunarto akan merilis 30 looks pada tanggal 4 Agustus 2019.

 Ferry Sunarto

“ Kali ini saya memilih Sulawesi Tenggara karena ragam jenis kainnya banyak, selain itu karya ini saya namakan De’Posuo, yang berasal dari adat istiadat di daerah tersebut,” ujar Ferry Sunarto dalam konferensi persnya, Jakarta, Rabu 3 Juli 2019.

Kali ini Ferry mengangkat kain tradisional Sulawesi Tenggara yang erat kaitannya dengan kecantikan dan tradisi penduduk wanita setempat.

 Ferry Sunarto

Posuo adalah tradisi memingit anak gadis untuk beranjak dewasa yang berlangsung selama 8 hari 8 malam, demi menjaga kesucian gadis tersebut.

Pada malam ke-8, dilakukan ritual dengan tarian yang diiringi oleh tabuhan gendang dan dihadiri oleh pemuka adat. Mereka percaya, jika ada salah satu gendang yang pecah, pertanda bahwa gadis itu tidak suci lagi.

Kepolosan dan keceriaan para gadis Sulawesi Tenggara diinterpretasikan dengan warna cerah seperti butter yellow, mint green, dusty pink dan lavender yang dituangkan dalam paduan kain tenun tangan khas Sulawesi Tenggara.

 Ferry Sunarto

" Saya ciptakan dalam bentuk cutting kebaya ready to wear yang etnik namun tetap shopisticated," pungkasnya.

(ism, Laporan : Alfi Salima Puteri)

1 dari 4 halaman

Rahasia Tampil Modis di Segala Kesempatan

Dream - Banyak alasan kenapa kamu terlihat kurang stylish dibandingkan teman-teman lainnya yang tampil modis. Tapi dari pada bersedih menangisinya, coba Sahabat Dream mencoba mencari tahu di mana kesalahannya.

Rekan-rekan kamu bisa tampil trendi mungkin karena mereka memiliki kebiasaan manjur yang rutin dilakukan. Misalnya memikirkan dan menyiapkan pakaian di malam sebelumnya.

  shutterstock

Tak hanya pilihan busana, mreka juga mungkin memperhatikan makeup dan penataan rambut. Sebagai seorang fashionista yang nggak ingin terlihat kusam, tentunya harus menyediakan waktu lebih banyak saat merias diri.

  shutterstock

Jika memang ternyata itu masalahnya, mungkin ini saatnya kamu memasang jam alarm agar dapat bangun lebih awal dan bersiap semaksimal.

Dengan waktu yang lebih panjang, Sahabat DReam bisa lebih mempersiapkan diri mulai dari outfit, riasan wajah, sampai tatanan rambut atau hijab.

  shutterstock

Terakhir, jangan pernah berhenti belajar. Wanita stylish pun mengakui bahwa mereka tak bosan untuk mencari segala referensi gaya busana, makeup, dan rambut lewat ragam media sosial seperti Pinterest dan Instagram.

Kamu ingin mencoba cara itu?

(Sah, Laporan: Alfi Salima Puteri/ Sumber: Misskyra.com)

2 dari 4 halaman

Inspirasi Gaya Busana Musim Panas Abel Cantika

Dream - Musim panas jadi saat yang tepat untuk mengubah penampilan. Tak hanya dari segi makeup, pakaian juga dapat disesuaikan dengan gaya yang lebihshopisticated.

Penggemar gaya colorful akan sangat menyukai musim ini. Sentuhan warna pada busana dapat memberi kesan fun dan segar saat di bawah terik matahari.

Nah, busana motif bisa kamu andalkan sebagai fashion statement di musim panas kali ini.

" Karena temanya summer, bisa pakai kemeja motif tropical. Main di warna cerah seperti biru, kuning dan hijau," kata beauty influencer Abel Cantika di peluncuran Nivea Pop Ball, Jakarta, Selasa, 2 Juli 2019.

Abel mengandalkan patterned shirt alias kemeja dari bahan katun yang mudah menyerap keringat. Agar semakin adem, kamu juga bisa memilih baju bersiluet loose.

 Gaya Makeup Summer ala Abel Cantika

Buat para hijabers dapat memilih baju lengan panjang atau memadukannya dengan outer.

Sebagai bawahan, Sahabat Dream bisa mencoba rok agar tampilan lebih feminin. Pakailah button skirt yang sedang sekarang lagi tren.

Alas kaki seperti strappy sandals dengan ornamen beads sangat pas untuk menambah kesan tropis. Kemudian beri sentuhan akhir dengan pakai aksesori.

" Bisa pakai tas fishnet ala summer kayak mau ke pantai," pungkasnya. (ism)

3 dari 4 halaman

Aksesori Bando Kembali Jadi Incaran Fashionista

Dream - Bando jadi salah satu aksesori rambut favorit bagi keluarga Kerjaan Inggris mulai dari Puteri Diana hingga Kate Middleton. Beberapa kali Kate Middleton tampil cantik dengan bando yang melingkar di kepalanya.

Aksesori yang sudah ada dari tahun 90-an ini pada awalnya dikenakan pada saat berolahraga. Bando berguna agar rambut tidak menggangu gerak tubuh selama berolahraga.

shutterstock

Yang membuat aksesori ini jadi barang berharga adalah kegunaannya saat kamu merasa 'bad hair day'. Selain itu, banyak fashion desainer juga memilih ikat kepala ini supaya memberikan sentuhan modis.

Bahan-bahan bando ini juga beragam, ada beludru sampai mutiara, bahkan tak jarang untuk bando dengan aksen bunga.

Tak cuma dari kalangan keluarga kerajaan, ternyata bando juga banyak digemari bintang Bollywood seperti Deepika Padukone.

Ia pun mengenakan bandana berhiaskan berlian di Met Gala tahun ini dan red carpet di Cannes, ia mengenakan headwrap pink menarik.

https://www.instagram.com/deepikapadukone/

Foto: https://www.instagram.com/deepikapadukone/

Bintang lain yang membuat ikat kepala adalah Kareena Kapoor Khan. Untuk liburan di pantai, aktris itu mengenakan ikat kepala kuning.

Sahabat Dream tertarik juga menggunakan bando?

(Sah, Sumber: Times of India, Laporan: Alfi Salima Puteri)

4 dari 4 halaman

Gaya Busana yang Tepat Dikenakan Saat Wawancara Kerja

Dream - Saat sesi wawancara kerja, selain pengetahuan tentang job desk dan antusiasme kamu terhadap kerjaan yang akan digeluti, perusahaan juga akan menilai bagaimana kamu berpenampilan.

Gaya berpakaian dapat memberikan nilai plus dalam wawancara pekerjaan.

   shutterstock

Jangan sampai kamu kehilangan calon pekerjaan cuma perkara gaya busana yang nyeleneh atau lusuh.

Berikut adalah tips yang dapat membantu Sahabat Dream mengatasi hal itu.

Pertama, cocokan pakaian kamu dengan jenis industri tempat kamu akan wawancara kerja. Jika kamu melamar pekerjaan di bidang kreatif, ada lebih banyak cara untuk bermain-main dengan model pakaian setidaknya sedikit lebih santai dibandingkan dengan industri yang lebih serius dan formal.

Kedua, jangan ragu untuk tampil dengan gaya semi formal. Paduan celana denim klasik gelap dengan kemeja dan blazer juga bisa jadi solusi.

Soal gaya rambut?

Pilih gaya rambut yang tidak mudah 'rusak' dengan cuaca. Kamu bisa menguncir rambut kamu seperti ekor kuda dan tentunya jangan lupa untuk sisir rapi terlebih dahulu, ya.

Bagaimana dengan riasan wajah?

Ketika pergi untuk wawancara kerja, pastikan tidak menggunakan makeup berlebih yang justru membuat kamu terlihat pergi ke pesta. Tetap bersih dan sederhana.

   shutterstock

Jika Sahabat Dream tidak bisa berjalan dengan sepatu hak tinggi, ini jelas bukan saatnya untuk mencoba. Sepasang sepatu sederhana, berkelas dan tertutup adalah pilihan terbaik.

(Sumber: Times of India, Laporan: Alfi Salima Puteri)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie