Peduli Bahaya Kanker Payudara Lewat Pink Ribbon Walk and Run

Reporter : Ratih Wulan
Jumat, 14 Oktober 2016 12:14
Peduli Bahaya Kanker Payudara Lewat Pink Ribbon Walk and Run
Acara yang berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ini rencananya berlangsung pada Minggu, 30 Oktober 2016.

Dream - Berbagai kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya kanker payudara dikemas semakin menarik. Seperti yang dilakukan PT MAP Aktif Adiperkasa (MAA) yang kembali mengadakan acara tahunan, Skecher 5 km Walk dan Run for Pink Ribbon untuk mendukung peduli kanker payudara.

Acara yang berkolaborasi dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) ini rencananya berlangsung pada Minggu, 30 Oktober 2016. Para peserta akan memulai perjalanan dari fX Sudirman, yang akan dipimpin langsung oleh Ketua YKPI, Linda Agum Gumelar.

" Sosialiasi dengan acara ini sudah kita mulai sejak 2006. Kami melihat peningkatan jumlah kanker payudara dan kami berkomitmen untuk berjuang melawannya dengan menciptakan kesadaran akan deteksi dini kanker payudara," terang Linda saat konfrensi Pers di Kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Oktober 2016.

Bagi Linda yang 20 tahun lalu, pernah divonis sebagai penderita kanker payudara. Akhirnya kini termotivasi untuk terus melakukan edukasi kepada seluruh perempuan di Indonesia.

Bersama YKPI, Linda telah meluncurkan layanan mobil mamografi, yaitu mobil yang dilengkapi dengan alat pendeteksi adanya kanker payudara. Menurutnya, metode jemput bola seperti ini sangat efektif diterapkan pada ibu-ibu berekonomi rendah di daerah.

" Sedangkan untuk perusahaan dikenai biaya tapi jauh lebih murah daripada periksa di rumah sakit. Saya 20 tahun lalu kena dan Alhamdulillah sudah berhasil melaluinya," imbuhnya.

Lebih jauh Linda memaparkan data jika penelitian yang dilkukan sejak 2015 dengan 3400 responden menunjukan angka yang mencengangkan. Terdapat 1,37 persen perempuan dicurigai menderita kanker atau sama artinya dengan terdapat 47 orang menderita kanker ganas.

" Kanker itu menyangkut keluarga, perekonomian tidak cukup kalau cuma disuruh sabar karena saya paham betul jika rasanya sakit sekali. Apalagi jika mahkota tersebut harus diangkat dari tubuhnya," imbuhnya kemudian.

Sehingga Linda berharap, acara ini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Terutama dimulai dengan olahraga seperti lari dan jalan. Sedangkan untuk acara Skecher 5 km Walk dan Run for Pink Ribbon ini nanti akan dimeriahkan dengan para brand ambassador cantik seperti Natasha Ratulangi dan Melisa Karim.(Sah)

Beri Komentar