Plank Rutin, Trik Mudah Mengencangkan Perut

Reporter : Mutia Nugraheni
Jumat, 19 April 2019 07:01
Plank Rutin, Trik Mudah Mengencangkan Perut
Ingin perut menjadi six-pack? Latihan ini bisa jadi pilihan tepat untuk mewujudkannya.

Dream - Sahabat Dream pernah melakukan plank? Jika dilihat sekilas mungkin hanya gerakan sederhana dan bukan latihan intensif. Tapi saat melakukannya dan harus bertahan sekian hitungan, seperti melakukan olahraga berat.

Plank adalah latihan inti atau core untuk menahan tubuh dengan tangan dan kaki. Saat melakukan plank, bayangkan bahwa ada garis lurus mulai dari puncak kepala hingga ujung kaki yang harus kamu pertahankan.

Latihan ini sangat dianjuran untuk dilakukan secara rutin. Terutama pada mereka yang tak memiliki banyak waktu untuk olahraga. Apa saja efek dari latihan ini?

1. Mengencangkan Perut

Dengan rutin melakukan plank akan membantu membentuk otot inti, yang merupakan dasara membuat perut kencang. Ingin perut menjadi six-pack? Latihan ini bisa jadi pilihan tepat untuk mewujudkannya.

1 dari 2 halaman

Redakan Nyeri dan Tubuh Jadi Fleksibel

2. Mengurangi Nyeri Punggung

Selain membentuk otot di sekitar perut dan pinggang, plank juga bermanfaat dalam mengurangi rasa nyeri pada punggung. Menurut American Council on Exercise (ACE) gerakan plank dapat memperkuat otot belakang, terutama yang ada di bagian punggung.

Latihan plank memerlukan gerakan minimal sambil menahan semua lapisan fasia perut, ini adalah cara yang sangat baik untuk memperkuat inti, dan membantu mengurangi nyeri punggung.

Plank© Plank

3. Fleksibilitas

Plank juga meningkatkan fleksibilitas pada bagian otot lainnya seperti otot posterior. Otot-otot di sekitar bahu, tulang selangka, dan tulang belikat. Begitu pula paha belakang dan bahkan lengkungan kaki dan jari-jari kaki.

2 dari 2 halaman

Mood Jadi Lebih Baik

4. Memperbaiki mood

Hampir setiap latihan fisik memiliki potensi untuk memberi dorongan suasana hati, begitu juga dengan gerakan plank. Plank membantu meregangkan dan mengendurkan otot-otot yang sering menjadi kaku dan tegang karena duduk lama. Fleksibilitas yang diberikan oleh plank akan membangun semnagat pada tubuh kalian.

Side Plank© Side Plank

(Side Plank)

5. Meningkatkan Keseimbangan

Untuk melakukan plank dengan benar, kamu harus meregangkan perut agar tetap tegak. Cobalah untuk melakukan side plank untuk dapat meningkatkan keseimbangan tubuh, lakukan secara bergantian.

Bisa juga side plank dengan mengangkat satu kaki, turunkan dan menaikan lalu ulangi kembali. Lakukan pada kaki yang lain. Gerakan ini untuk melatih semua otot yang ada pada tubuh demi mendapatkan postur tubuh yang baik.

(Sah, Laporan Tri Yuniwati/ Sumber: Fitness Mercolla)

Beri Komentar