Cerita Soal 'Ikan Nemo' di Pembelaannya, Ini Alasan Ahok

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Selasa, 25 April 2017 18:15
Cerita Soal 'Ikan Nemo' di Pembelaannya, Ini Alasan Ahok
Dalam pembelaannya Ahok menjelaskan soal ikan Nemo untuk menjelaskan pertanyaan seorang anak TK.

Dream - Dalam pembacaan pidato pembelaannya, terdakwa dugaan kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menganalogikan dirinya ibarat seekor 'Nemo'. Itu adalah tokoh kartun berwujud ikan yang berhasil menyelamatkan diri dari jaring dengan berenang melawan arus.

Ahok mengatakan analogi ini dia gunakan ketika teringat kunjungan anak-anak TK ke Balaikota. Salah satu anak TK bertanya mengapa Ahok sering berseteru dengan orang lain.

" Dia tanya, 'Kok bapak berantem sama semua orang lawan arus', ini anak kecil nih, TK," kata Ahok di ruang sidang di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa, 25 April 2017.

Mendapat pertanyaan itu, Ahok teringat dengan karakter Nemo dalam film kartun Finding Nemo. Di film itu, terdapat adegan Nemo bebas dari perangkap jaring nelayan karena berenang melawan arus, mengikuti perintah ayahnya.

" Bapaknya nggak mau dia masuk dong, ikan kan ke atas semua, ketarik tali. Makanya nemo berenang ke bawah, gitu berenang ke bawah patah tuh, jaringnya putus, ikannya lepas," ucap dia.

Ahok pun berpesan kepada anak-anak TK itu agar tidak pernah ragu jika berseberangan dengan orang lain. Apalagi jika yakin pendapat orang lain salah.

" Saya jelaskan sama anak-anak itu ada sekelompok orang di negeri ini memang salah arah, dengan korupsi merajalela, anggaran dimainkan, mau nggak mau saya mesti teriak dong arahnya salah, kalau arahnya ke sana terus, rakyat enggak ada pembangunan," kata Ahok.

Ahok pun mengajak untuk melihat wajah Jakarta selama dua-tiga tahun belakangan. Menurut dia, pembangunan di di Jakarta berjalan sangat pesat dan anggaran sangat hemat.

" Semua jaminan tunjangan dapat, itu karena kita ngarahnya benar walaupun orang ini yang ngamuk. Orang selama ini ke utara, dia ke selatan. Ini yang saya jelasin ke anak-anak," kata dia.(Sah)

Beri Komentar