Pemilu 2019, Baznas dan LAZ Sepakat Netral

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 6 Maret 2019 16:03
Pemilu 2019, Baznas dan LAZ Sepakat Netral
Pakta integritas ini untuk mencegah adanya potensi penyalahgunaan wewenang.

Dream - Seluruh anggota Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dari pusat hingga daerah serta anggota Lembaga Amil Zakat (LAZ) seluruh Indonesia menyepakati pakta integritas bersama.

Mereka menyatakan tidak berpihak ke calon maupun partai manapun dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legistlatif (Pileg) 2019.

Wakil Ketua Baznas, Zainulbahar Noor, mengatakan pakta integritas ini merupakan langkah untuk membangun komitmen pimpinan dan amil Baznas Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota serta LAZ untuk bersikap netral.

" Sedangkan tujuannya adalah mencegah pelanggaran ketentuan dan penyalahgunaan wewenang dalam pelaksanaan tugas sebagau pengelola zakat," ujar Zainulbahar saat penutupan Rakornas Zakat 2019 di Surakarta, Jawa Tengah.

 Pakta Integritasd

Zainulbahar mengatakan seluruh pengelola zakat turut mendorong penyelenggaraan pemilu yang berkualitas. Selain itu, juga mengajak masyarakat luas ikut serta mengawasi pelaksanaan kebijakan perundang-undangan mengenai Pemilu dan Perzakatan yang ideal.

Pakta integritas tersebut terdiri atas tiga poin utama. Pada poin pertama, para pengelola zakat diwajibkan menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis terkait pilpres, pilkada dan pileg.

 Pakta Integritas

Poin kedua mewajibkan para pengelola zakat untuk mengundurkan diri dari Baznas Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota serta LAZ pada semua tingkatan jika melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis. Selain itu, juga harus melepaskan status sebagai amilin dan amilat.

Sedangkan pada poin ketiga, setiap pengurus zakat harus sanggup menerima sanksi sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku jika terbukti melanggar poin satu dan dua.

(ism, Laporan: Tri Yuniwati Lestari)

Beri Komentar
Summer Style 2019