Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Waspada! Bencana Alam Mengintai Selama Lebaran 2016

Waspada! Bencana Alam Mengintai Selama Lebaran 2016 Banjir Yang Menggenangi Kawasan Jalan Raya Pantura Kraton, Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (30/6). (Sumber: ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Dream - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi mudik Lebaran 2016 akan diwarnai potensi gangguan bencana alam. Untuk itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB menghimbau para pemudik tetap bersiaga hingga sampai lokasi tujuan.

"Ancaman bencana saat mudik Lebaran pada Juni-Juli 2016 akan tetap tinggi, khususnya banjir, longsor dan puting beliung karena adanya anomali cuaca," kata Sutopo, dalam keterangan resminya, Kamis, 30 Juni 2016.

Sutopo mengatakan ada 13 titik lokasi yang berpotensi macet dan rawan bahaya banjir dan longsor di Pulau Jawa. Ketiga belas titik tersebut yaitu Merak, Cikampek dan sekitarnya, Nagrek dan sekitarnya, Cirebon, Pejaban, Brebes, Tegal Pekalongan, Akses tol Semarang- Ungaran, Ambarawa, Broncong (Tuban), Babat (Lamongan), Porong hingga Sidoarjo.

[Peta Rawan Banjir dan Rawan Longsor Mudik Lebaran 2016 ]

Mengenai kondisi cuaca, kata Sutopo, hujan dengan intensitas ringan, sedang dan lebat masih berpotensi muncul selama masa mudik lebaran.

Berdasarkan pantauan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiska (BMKG), masyarakat perlu mewaspadai peningkatan hujan selama mudik lebaran di Jawa, Sumatera bagian selatan, Sulawesi dan Kepulauan Maluku.

BNPB juga mengingatkan hujan yang sifatnya lokal dan kondisi yang memang memiliki wilayah rawan banjir dan longsor, seperti tingkat serapan tanah sehingga aliran permukaan akan memicu banjir atau tanah yang jenuh pemicu longsor.

Tidak hanya potensi bahaya banjir, longsor dan puting beliung, potensi gempa bumi dan gunungapi perlu diwaspadai masyarakat.

"Ada beberapa gunung yang patut menjadi perhatian pemudik, diantaranya satu gunug berapi dengan status awas yaitu Gunung Sinabung di Sumatera Utara, satu gunung dengan status siaga yaitu Gunung Lokon di Sulawesi Utara dan 17 gunung lain yang berstatus waspada," kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kawasan Puncak Bogor Bebas Kendaraan di Malam Tahun Baru, Simak Rute Alternatifnya

Kawasan Puncak Bogor Bebas Kendaraan di Malam Tahun Baru, Simak Rute Alternatifnya

Jalur alternatif ke Cianjur saat kawasan puncak di tutup malam tahun baru.

Baca Selengkapnya
Hanya Ada di Kalimantan, Inilah Hewan yang Punya Wujud Sepertik Naga

Hanya Ada di Kalimantan, Inilah Hewan yang Punya Wujud Sepertik Naga

Biawak tanpa telinga adalah reptil yang langka dan hanya ditemukan di Kalimatan.

Baca Selengkapnya
Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Bertambah 11 Lokasi, Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan 2024 di 134 Titik

Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan pada 10 Maret 2024, Berikut 134 Titik Seluruh Indonesia

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.