Bolehkah Membunuh Anjing dalam Islam?

Reporter : Ahmad Baiquni
Jumat, 8 Januari 2016 06:03
Bolehkah Membunuh Anjing dalam Islam?
Meski ada larangan memelihara anjing, umat Islam ternyata tidak diperbolehkan menganiaya atau membunuh anjing jika tidak berbahaya.

Dream - Dalam Islam, terdapat larangan untuk memelihara anjing. Ketentuan ini dibenarkan oleh hampir sebagian besar ulama.

Jikapun diperbolehkan, umat Islam hanya membolehkan memelihara anjing untuk kepentingan berburu, menjaga kebun, menjaga rumah, tetapi tidak untuk maksud menjadi hewan kesayangan.

Lantaran diharamkan, terdapat sebagian umat Islam bertindak aniaya terhadap anjing. Tanpa sebab yang jelas, sering dijumpai umat Islam yang melempari batu setiap kali melihat anjing di hadapannya.

Lantas, apakah tindakan ini dibenarkan?

Dikutip dari nu.or.id, Rasulullah pernah memerintahkan umat Islam membunuh anjing. Meski begitu, perintah tersebut ternyata ditujukan untuk kasus anjing yang membahayakan manusia.

Tetapi, perintah untuk membunuh tersebut belakangan telah dinasakh atau dihapus. Menurut Imam Al Harmain Abu Ma'ali Al Juwaini dalam kitab Nihayatul Mathlab fi Dirayati Madzhab, dia memberikan penjelasan anjing yang tidak bisa dimanfaatkan tetapi tidak berbahaya tidak boleh dibunuh.

Dari pendapat tersebut, membunuh anjing bukan lagi menjadi perintah wajib. Perintah itu dapat dijalankan apabila terdapat anjing yang berbahaya.

 

Beri Komentar