Di Forum PBB, Din Syamsuddin Usul Selamatkan Bumi Lewat Agama

Reporter : Maulana Kautsar
Rabu, 2 Desember 2015 13:15
Di Forum PBB, Din Syamsuddin Usul Selamatkan Bumi Lewat Agama
Din menegaskan, kerusakan lingkungan hidup, perubahan iklim dan pemanasan global adalah masalah moral.

Dream - Ketua Dewan Pengarah Indonesia Bergerak Menyelamatkan Bumi (Siaga Bumi) Din Syamsuddin menjadi pembicara di Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (Conference of Parties/COP-21) di Paris, Perancis, Senin, 30 November 2015.

Dalam presentasinya dalam sesi 'Interfaith Dialogue: Faith Action for Climate Solution', Din menegaskan, kerusakan lingkungan hidup, perubahan iklim dan pemanasan global adalah masalah moral.

Solusi terhadap perubahan iklim yg menjadi salah satu fokus COP-21 di Paris untuk itu harus menyertakan pendekatan moral dan etika agama.

" Tanpa landasan dan pendekatan moral, solusi menjadi tidak berarti dan tak akan sejati," ujar Din melalui keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu, 2 Desember 2015.

Menurut Din, kerusakan lingkungan terjadi akibat manusia tidak menjaga lingkungannya. Adanya pendekatan kerjasama antarpemeluk agama diharapkan bisa membuat perubahan dalam pola menjaga lingkungan.

" Penanggulangan masalah perubahan iklim dengan segala dampaknya harus menjadi tanggung jawab bersama semua umat beragama," tegas dia.

Demi mengimplementasikan usaha penyelamatan itu, dia akan mulai menginisiasi aksi penyadaran lingkungan hidup. Dia menyebut beberapa langkah yang dilakukan ialah penyadaran pemuliaan lingkungan, penciptaan Eco-Rumah Ibadat (Eco-RI), dan sungai bersih.

" Kita semua perlu mulai dari menjadikan Rumah Tuhan sebagai tempat ramah lingkungan, sebelum kita bergerak memuliakan bumi ciptaan-Nya,” pungkas dia.

Beri Komentar