'Menteri Edhy Prabowo Sudah Sering Kami Ingatkan'

Reporter : Razdkanya Ramadhanty
Rabu, 25 November 2020 12:25
'Menteri Edhy Prabowo Sudah Sering Kami Ingatkan'
"Di Komisi IV (DPR) sudah sering kami ingatkan"

Dream - Anggota Komisi IV DPR, Bambang Purwanto, mengaku sudah memperingatkan mitra kerjanya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, agar berhati-hati mengekspor benih lobster.

" Di era keterbukaan ini, semua bisa memantau setiap kebijakan. Dan di Komisi IV (DPR) sudah sering kami ingatkan," ujar Purwanto, melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu, 25 November 2020.

Ia mengatakan, ekspor benih lobster akan menuai banyak sorotan karena termasuk jarang dilakukan, sehingga mekanisme dan tata kelola harus cermat dan hati-hati.

1 dari 5 halaman

Harus Jaga Kelestarian Lobster

Menurut politikus Partai Demokrat itu, negara produsen lobster seperti Indonesia tentu harus menjaga agar jangan sampai mengekspor benih saja, melainkan harus juga mempunyai semangat budi daya masyarakat, sekaligus menambah kesejahteraan nelayan.

" Jadi unsur kehati-hatian, baik dalam menjaga kelestarian lobster itu sendiri, juga mekanisme atau tata kelola harus cermat dan hati-hati," kata dia.

Namun dia belum mau menyimpulkan potensi pelanggaran hukum yang menjerat sang menteri itu.

Dia meminta, agar awak media bisa menunggu penjelasan resmi lebih lanjut dari KPK yang rencananya akan disampaikan pada sore hari nanti.

2 dari 5 halaman

Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap, Tagar Susi Pudjiastuti Jadi Trending Topic

Dream – Kabar penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, membuat media sosial Twitter ramai. Selain membahas soal sosok Edhy, nama Susi Pudjiastuti kembali menjadi sorotan peselancar dunia tweet tersebut.

Hastag atau tanda pagar #Bu Susi dan #menteri KKP menjadi trending topic di Twitter hari ini, Rabu 25 November 2020.

Susi Pudjiastuti dikenal sebagai salah satu menteri nyentrik selama memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan pada periode 2014-2019. Jargon Tenggelamkan bahkan masih diingat masyarakat untuk menggambarkan sikap Susi Pudjiastuti terhadap aksi illegal fishing di perairan Indonesia.

Dari pantauan Dream, per jam 09.58, terdapat 8.934 cuitan yang berisi kata-kata “ menteri KKP” dan 5.346 “ Bu Susi”. Warganet beramai-ramai meminta Susi kembali menjadi menteri KKP.

“ Bu Susi, we miss you,” cuit @srrst_.

“ Please, Bu Susi comeback,” cuit @netfreeak.

“ Good job @KPK_RI. Bu Susi laughing rite now,” cuit @muh_kharji.

3 dari 5 halaman

Kekayaan Menteri KKP Edhy Prabowo, Harta Rp7,4 M dan Bebas Utang

Dream – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, ditangkap Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Rabu 25 November 2020 pukul 01.23 WIB. Edhy dikabarkan ditangkap bersama keluarganya dan beberapa pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) usai perjalanan dari Amerika Serikat.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron membenarkan penangkapan tersebut. Ghufron menyatakan penangkapan orang nomor satu di KKP tersebut berkaitan dengan kasus dugaan korupsi ekspor benih lobster atau benur.

" Terkait ekspor benur," kata Ghufron kepada Liputan6.com.

4 dari 5 halaman

Sosok Edhy Prabowo menjadi perhatian saat diangkat Presiden Joko Widodo memimpin KKP yang sebelumnya dijabat Susy Pudjiastuti. Beberapa kali Edhy terlibat perdebatan panas dengan Susy terutama terkait izin ekspor lobster. 

Sebelum masuk ke dunia birokrasi, Edhy telah terlebih dahulu terjun ke dunia politik. Dia bahkan memiliki hubungan sangat dekat dengan Prabowo Subianto yang kini menjabat Menteri Pertahanan.

Layaknya para pejabat negara lain, Edhy juga sempat melaporkan harta kekayaannya kepada KPK. Mengutip laman laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, Edhy tercatat memiliki harta dengan total mencapai Rp7,4 miliar.  Berikut daftar harta kekayaan Edhy Prabowo seperti dilaporkan per 31 Desember 2019:

 

5 dari 5 halaman

Rincian Hartanya

Untuk harta tidak bergerak, Edhy melaporkan dirinya memiliki 10 bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Muara Enim dan Bandung Barat. Tercatat tanah dan bangunan miliknya senilai Rp 4.349.236.180.

Untuk alat transportasi, Edhy memiliki 2 mobil Pajero Sport, 2 sepeda motor, satu genset, dan satu sepeda dengan nilai Rp 890 juta. Sedangkan harta bergerak lainnya senilai Rp 1.926.530.000.

Edhy melaporkan dirinya tak memiliki surat berharga. Sementara kas atau setara kas lainnya sebesar Rp 256.520.433. Edhy tercatat tak memiki utang piutang. Dengan demikian harta Edhy sebesar Rp 7.422.286.613.

Harta yang dilaporkan Edhy Prabowo naik signifikan selama menjadi Wakil Rakyat. Pada 31 Desember 2018 atau saat sebagai anggota DPR periode 2014-2019 dari Fraksi Partai Gerinda, harta yang dilaporkannya yakni sebesar Rp 4.562.804.877.

Beri Komentar