Menag: Musuh Utama Saat Ramadan, Hawa Nafsu

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 31 Mei 2016 14:03
Menag: Musuh Utama Saat Ramadan, Hawa Nafsu
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap agar setiap Muslim mampu menangkap esensi puasa, yaitu menahan diri.

Dream - Bulan Suci Ramadan akan tiba dalam beberapa hari lagi. Seluruh umat Islam di dunia begitu menantikan kedatangan bulan ini.

Menjelang kedatangan bulan Ramadan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memiliki pesan khusus ditujukan kepada umat Islam Indonesia. Dia berpesan agar seluruh Muslim mampu menangkap makna puasa, yaitu menahan diri.

" Esensi Ramadan itu menahan diri. Jadi, selama sebulan kita dilatih agar mampu mengendalikan hawa nafsu," kata Lukman saat di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Senin, 30 Mei 2016 kemarin.

Lukman mengingatkan musuh utama manusia bukan segala sesuatu yang ada di luar diri. Musuh tersebut ada dalam diri setiap manusia, yaitu hawa nafsu.

" Karena musuh yang paling utama yang paling besar pada diri manusia adalah hawa nafsunya sendiri. Itulah kenapa puasa disyaratkan Allah kepada umat Islam," ucap dia.

Di bulan Ramadan, Lukman juga berpesan kepada organisasi masyarakat (ormas) yang tidak sama dalam pandangan keagamaan dan penentuan 1 Ramadan untuk menghargai perbedaan.

" Saya berharap masing-masing kita bisa saling menghormati dan menghargai keragaman dan perbedaan pilihan dalam memulai dan menjalankan Ramadan," ucap dia. (Ism)

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis