Kecanggihan Teknologi TNI AL Dikagumi Dunia

Reporter : Ahmad Baiquni
Selasa, 18 Juli 2017 11:30
Kecanggihan Teknologi TNI AL Dikagumi Dunia
Pusat Informasi Data Hidrografi TNI AL didaulat sebagai bank data kelautan canggih yang bermanfaat bagi sektor kemaritiman.

Dream - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menerima penghargaan khusus Geographic Information System (GIS) atas kecanggihan Pusat Informasi Data Hidrografi (HDC). HDC milik TNI AL memiliki data hidrografi dan oseanografi yang dapat diakses oleh masyarakat dan perusahaan perkapalan.

Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) mampu menyisihkan 300 ribu lebih lembaga kandidat lain di seluruh dunia. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh pendiri sekaligus CEO perusahaan pemetaan terkemuka dunia Esri, Jack Dangermond.

Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas inovasi Pushidrosal dalam penggunaan teknologi GIS. Inovasi tersebut mendukung kinerja TNI AL sekaligus industri kelautan serta perkapalan.

" Pushidrosal memang pantas mendapat pengakuan global," ujar CEO Esri Indonesia, A. Istamar, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Selasa 18 Juli 2017.

Istamar mengatakan para pembuat keputusan di bidang kemaritiman telah menilai risiko yang akan terjadi sebelum pengunaan HDC. Risiko tersebut dianalisis menggunakan banyak sumber data, baik digital maupun non-digital.

" Selain itu, dengan mengekspor semua data ke platform yang aman dan terukur, para kapten kapal dapat dengan segera mendapat gambaran mengenai situasi yang dihadapi. Dengan begitu, mereka dapat merespons kondisi dan situasi di laut dengan cara yang seefisien mungkin," ucap Istamar.

Dengan cara tersebut, kata Istamar, perusahaan yang bergerak di sektor bahari, baik perikanan maupun perkapalan, dapat dengan mudah memprediksi kondisi iklim yang terjadi. Dengan begitu, setiap kapten dapat memprediksi pergerakan kapal mereka.

" Dengan cara yang sama, para Komandan TNI AL dapat menggunakan data dari HDC untuk menentukan dampak dari kondisi iklim, hidrologi, dan oseanografi terhadap misi yang sedang mereka jalani," tutur Istamar.

Kepala Pushidrosal, Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro, saat mewakili Pushidrosal untuk menerima penghargaan mengaku sangat tersanjung. Selain itu, dia merasa bangga pemanfaatan teknologi GIS oleh TNI AL mendapat pengakuan dunia.

" HDC memainkan peran vital dalam membantu Pushidrosal melaksanakan mandatnya, yaitu mendukung TNI AL dalam menjaga lautan kita dan memberikan dukungan strategis kepada industri bahari dan perkapalan," kata Harjo.

" Pushidrosal berkomitmen untuk memastikan HDC dapat memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingannya. Kami juga bekerja sama dengan Esri Indonesia untuk membekali staf kami dengan keahlian yang dibutuhkan untuk semakin memaksimalkan kemampuan platform ArcGIS," lanjut Harjo.

Beri Komentar
Roger Danuarta Ogah Lihat Cut Meyriska Tampil Modis