Kemenag Sediakan Kursi Roda & Tandu Pertolongan Pertama Haji

Reporter : Maulana Kautsar
Kamis, 7 Juni 2018 05:01
Kemenag Sediakan Kursi Roda & Tandu Pertolongan Pertama Haji
Alat-alat ini merupakan terobosan terbaru Kemenag untuk membantu jemaah haji yang sakit.

Dream - Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuat terobosan. Pada musim haji 2018, Kemenag menyiapkan kursi roda dan tandu lipat untuk kelengkapan Tim Pertolongan Pertama Pada Jemaah Haji (P3JH).

Tim P3JH bertugas membantu jemaah yang sakit di saat padatnya jadwal lempar jumrah Aqabah di malam pertama mabid (bermalam) di Mina.

" Rencana pengadaan sekitar 10 dulu, karena petugasnya baru 20-an orang. Jadi 5 tandu dan 5 kursi roda," ujar Direktur Bina Haji dan Umrah Kemenag, Khoirizi H. Dasir di Jakarta, Rabu 6 Juni 2018.

Selain tandu dan kursi roda, kata Khoirizi, tim P3JH juga dilengkapi dengan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K).

Seperti diketahui, tim P3JH merupakan tim yang baru dibentuk. Tim tersebut mengawali tugas pada penyelenggaraan haji tahun ini.

“ Mereka adalah para petugas pelayanan umum, namun memiliki kemampuan medis,” kata Khoirizi

Tim P3JH terdiri dari 20-an petugas yang berasal dari rumah sakit haji, universitas Islam negeri yang memiliki prodi kedokteran, serta rumah sakit TNI dan POLRI yang ditetapkan langsung oleh Kemenag berdasarkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan.

(Beq)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik