Komet Sebesar Gunung `Nyaris Hantam` Mars

Reporter : Eko Huda S
Senin, 20 Oktober 2014 12:45
Komet Sebesar Gunung `Nyaris Hantam` Mars
Komet yang diberi nama Siding Spring itu hanya berjarak 139,5 ribu kilometer dari Mars. Atau jarak paling dekat yang pernah terjadi, antara planet dengan komet. Melaju 203 kilometer perjam.

Dream - Komet seukuran gunung kecil baru saja melintas di dekat Planet Mars. Komet yang diberi nama Siding Spring itu hanya berjarak 139,5 ribu kilometer dari Mars. Atau jarak paling dekat yang pernah terjadi, antara planet dengan komet. Jarak itu hanya sepertiga jarak Bumi ke Bulan.

Dikutip Dream dari laman Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), Senin 20 Oktober 2014, komet itu mencapai titik terdekat dengan Mars pada Minggu 19 Oktober, pukul 5.27 pagi AEDT atau pukul 1.27 WIB. Komet itu melaju dengan kecepatan 56 kilometer perdetik atau 203 ribu kilometer perjam.

Siding Spring berasal dari Oort Cloud, daerah di luar tata surya kita. Para ilmuwan yakin komet ini merupakan sisa dari pembentukan Tata Surya pada 4,5 juta tahun yang lalu. Inti es atau inti komet yang juga dikenal C/2013 A1 memiliki lebar 1.000 meter.

Komet ini pertama kali diidentifikasi oleh Robert McNaught pada Januari 2013. Kala itu, McNaught melakukan pengamatan dengan menggunakan Teleskop Uppsala Southern Schmidt di the Siding Spring Observatory near Coonabarabran, New South Wales, Australia.

" Siding Spring mungkin masuk ke bagian dalam Tata Surya dengan melintasi bintang di dekat Oort Cloud," kata peneliti dari Laboratorium Universitas Johns Hopkins, Carey Lisse.

" Jadi komet itu mulai melakukan perjalanan mungkin sejak awal manusia ada dan baru sekarang tiba (memasuki) Tata Surya," tambah dia. Sehingga fenomena ini sungguh langka. Dan NASA dengan robot yang dikirim ke orbit Mars telah melakukan pengamatan. (Ism)

 

Beri Komentar