Gempa Misterius Terdeteksi Alat Sensor Seluruh Dunia, Ilmuwan Bingung

Reporter : Sugiono
Jumat, 30 November 2018 18:02
Gempa Misterius Terdeteksi Alat Sensor Seluruh Dunia, Ilmuwan Bingung
Penemuan gelombang seismik tersebut berawal dari aktivitas penggiat gempa bumi di Selandia Baru.

Dream - Baru-baru ini para ahli geologi dibuat terkejut dengan munculnya sebuah gelombang seismik misterius yang menjalar ribuan kilometer ke seluruh dunia.

Gelombang seismik misterius yang tidak bisa dirasakan oleh seorang pun di permukaan Bumi itu tertangkap sensor gempa di Afrika, Kanada, Selandia Baru, dan Hawaii.

Penemuan gelombang seismik tersebut berawal dari aktivitas penggiat gempa bumi di Selandia Baru yang sedang memantau tampilan data real-time seismogram online milik Survei Geologi Amerika Serikat.

Menurut data seismogram tersebut, gelombang seismik itu bermula dari lepas pantai Mayotte, sebuah kepulauan Perancis di Samudra Hindia yang terletak di antara Madagaskar dan Afrika.

Data tersebut kemudian diunggah di Twitter yang langsung mendapat respons dari para ahli geologi di seluruh dunia.

Mereka merasa heran ada getaran gempa yang tidak bisa dirasakan manusia tapi terpantau oleh sensor gempa di seluruh dunia.

Para ahli juga merasa bingung dalam menyimpulkan asal usul gelombang seismik yang aneh itu.

Tidak seperti gempa bumi pada umumnya, bacaan dari getaran atau tremor Mayotte memperlihatkan gelombang frekuensi rendah yang konsisten.

Getaran halus itu berlangsung lebih dari 20 menit. Seolah planet kita berdering seperti lonceng.

Padahal getaran gempa bumi tradisional menghasilkan sentakan dari berbagai gelombang frekuensi tinggi yang menimbulkan guncangan hebat.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Tren Busana Muslimah di Panggung indonesia Fashion Week 2019