5 Trik Foto Estetik Saat Liburan

Reporter : Dwi Ratih
Kamis, 1 Desember 2022 16:45
5 Trik Foto Estetik Saat Liburan
Selain buat kenang-kenangan, menjepret momen baik selfie, objek wisata, sampai kuliner biasa dijadikan konten media sosial.

Dream - Mengabadikan momen lewat foto tampaknya jadi kegiatan yang tak akan dilupakan para wisatawan ketika liburan. Selain buat kenang-kenangan, menjepret momen, baik selfie, objek wisata, sampai kuliner, bisa dijadikan konten media sosial.

Karena peminat yang tinggi untuk berfoto di lokasi wisata, membuat banyak fotografer atau agen travel yang menawarkan jasanya untuk mengabadikan momen selama perjalanan kamu.

Dengan adanya jasa tersebut, kamu dan rombongan pun tak perlu repot mengeluarkan kamera atau handphone buru-buru agar tak kehilangan momen yang nggak bakal keulang lagi. Para fotografer pun dengan sigap menangkap segala kegiatan seru yang kamu lakukan selama traveling.

Ilustrasi© Shutterstock

Tapi bagaimana jika kamu tak memiliki budget untuk menyewa jasa fotografer tersebut?

Tenang, kamu masih bisa menggunakan ponsel pintar dengan mempelajari teknik memotret ala fotografer andal dan dijamin hasil foto dapat menarik perhatian netizen di media sosial.

1 dari 5 halaman

1. Foto pemandangan panorama secara vertikal

Kamu bisa gunakan mode panorama vertikal untuk memotret gedung pencakar langit atau pemandangan vertikal apa pun tanpa khawatir pemandangan itu akan terpotong dari frame.

Langsung buka kamera dan pilih mode " PANO" , dan balikan handphone secara horizontal. Lalu, tekan tombol kamera dan gerakkan handphonemu ke atas hingga mencapai batas.

Ilustrasi© Shutterstock

2. Eksposur tinggi untuk gambar Insta-worthy

Salah satu trik foto Instagram termudah dan dapat kamu lakukan adalah bermain efek foto yang sudah ada di handphone. Kamu bisa atur eksposur dan kecerahan supaya mendapat foto yang sangat keren.

Kemudian kamu juga bisa menyesuaikan warna melalui saturasi dan mematikan eksposur melalui kontras, bayangan, dan highlight. Cara ini akan menghasilkan foto yang sangat luar biasa untuk pemandangan.

2 dari 5 halaman

3. Kamera belakang 0,5x

Selfie menggunakan kamera belakang zoom out 0,5x sedang populer, terutama di kalangan anak remaja. Banyak juga yang menggunakan cara ini untuk selfie dan lingkungan sekitar.

Karena lensanya yang wide, jadi pemandangan akan diambil lebih lebar.

Ilustrasi© Shutterstock

4. Pikirkan Pose

Kalau kamu malu untuk pose di depan kamera, kamu bisa gunakan cara dengan membelakangi kamera. Tetapi kamu jangan hanya berpose berdiri saja, kamu harus sedikit bergaya supaya foto kamu jadi lebih hidup.

3 dari 5 halaman

5. Edit foto

Ilustrasi© Shutterstock

Cara terakhir ini sepertinya harus kamu gunakan, karena sebuah foto tidak lengkap tanpa mengeditnya.

Beberapa aplikasi editor foto teratas termasuk Snapseed, VSCO, Picsart, dan Adobe Lightroom. Ada juga preset Lightroom yang tersedia online jika kamu lebih suka mengedit tanpa repot.

Aplikasi ini gratis untuk diunduh saat ini, jadi manfaatkan sebaik-baiknya.

Sumber: Halaltrip, Laporan: Rena Safira

4 dari 5 halaman

Tips Liburan Keluarga Agar Orangtua Senang Anak Nyaman

Dream - Liburan bareng keluarga memang mengasyikkan. Namun biasanya para orangtua menjadi kerepotan bila mengajak anak kecil saat berwisata.

Maklum saja, mood bocah terkadang susah ditebak. Bisa jadi mereka bergembira saat berangkat, namun saat tiba di destinasi wisata menjadi murung, bahkan rewel.

Sungai-Sungai di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi

Jika sudah demikian tentu menjadi repot. Niat hati liburan untuk senang-senang malah berubah menjadi masalah yang membuat hati dan pikiran semakin ruwet.

Untuk membuat merasa nyaman, orangtua harus membuat anak-anak merasa senang selama liburan bareng. Berikut ini, ada beberapa tips liburan saat kamu membawa anak yang bisa kamu ikuti: 

  • Beli Tiket Pesawat dari Jauh Hari

Liburan bersama anak artinya kamu harus menyiapkan budget lebih. Untuk menghemat budget liburanmu, kamu bisa membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari, yang harga tiketnya relatif lebih murah. 

Nanti selisih harganya bisa kamu alokasikan untuk dana liburan lainnya. 

5 Destinasi Wisata Kamboja yang Bikin Jatuh Cinta

© Ilustrasi/ Shutterstock

  • Memulai Perjalanan di Siang Hari

Ketika membawa anak, kamu pasti akan lebih ribet dan sulit mengatur mood sang buah hati. Agar tidak memburu-buru anak, kita bisa memulai perjalanan dengan naik kereta atau pesawat di siang hari. 

Dengan demikian, selain tidak terburu-buru, berangkat siang juga bisa membuat anak-anak bisa istirahat dengan cukup. 

5 dari 5 halaman

Akomodasi dengan Dapur

Anak-anak biasanya lebih pemilih dalam urusan makanan, sehingga akan lebih mudah saat kita memilih akomodasi yang menyediakan dapur. Kita bisa membeli bahan-bahan masakan dan membuatkan makanan yang sesuai dengan selera buah hatimu. 

© Ilustrasi/ Shutterstock

Masuk ke 'Gerbang Surga', Alternatif Wisata Indonesia Timur yang Tak Kalah dari Raja Ampat

  • Memilih Resort 

Saat hendak berlibur, kamu bisa memilih akomodasi berupa resort, yang biasanya memiliki lahan bermain untuk anak yang luas. Selain itu, biasanya akan ada banyak aktivitas seru yang bisa diikuti anakmu. 

  • Tenang 

Kunci liburan bersama buah hati adalah tenang, memang kamu tidak bisa mengontrol segala hal yang kamu hadapi saat liburan. Namun, dengan kamu yang tenang tidak akan membuat anak panik dan suasana hati anak kamu akan tetap terjaga. 

Sumber: Halal Trip

Beri Komentar