Aksi Gadis Cuci Ulang dan Jemur Masker Sekali Pakai Bikin Iba Netizen

Reporter : Sugiono
Kamis, 8 Oktober 2020 11:01
Aksi Gadis Cuci Ulang dan Jemur Masker Sekali Pakai Bikin Iba Netizen
"Namanya sekali pakai, jangan dicuci dan digunakan lagi. Tidak bersih dan tidak aman."

Dream - Meningkatnya kasus positif Covid-19 membuat pemerintah Malaysia kembali mewajibkan pemakaian masker di tempat-tempat umum sejak 1 Agustus lalu.

Tidak seperti Indonesia yang membolehkan penggunaan masker kain, Malaysia mengharuskan rakyatnya untuk memakai masker sekali pakai.

Hal ini tentu akan membuat persediaan masker menjadi semakin cepat habis. Belum lagi ada yang memanfaatkan kondisi dengan menjual masker dengan harga tak wajar.

1 dari 4 halaman

Maka jangan heran dengan aksi gadis Malaysia yang mencuci masker tiga atau empat lapis miliknya agar bisa digunakan lagi.

Foto dia menjemur 'koleksi' masker sekali pakai miliknya menyulut perdebatan di kalangan netizen Malaysia hingga menjadi viral di media sosial.

Demi menghemat, masker sekali pakai dicuci dan dipakai lagi.© Twitter @batrisyaanisah

" Lihat nih. Masker 3 ply dan 4 ply yang saya cuci ulang. Ok saja pakainya, tak sobek sedikit pun. Kain filternya masih bagus. (Cuci) Pakai sabunlah," tulisnya melalui cuitan di Twitter.

© Dream
2 dari 4 halaman

Ada yang Mengecam, Ada yang Bersimpati

Postingan gadis itu menerima pelbagai reaksi netizen. Ada yang tidak setuju dengan tindakan tersebut karena berisiko dan dikhawatirkan tercemar.

" Hematnya keterlaluan sampai masker pun dia cuci dan jemur," komentar seorang netizen.

Namun ada juga yang turut bersimpati dengan keadaan yang dialami gadis itu. Netizen ini bahkan bersedia mengulurkan bantuan untuk membelikan masker baru.

" Sis DM (Direct Message) alamat. Saya kasih sekotak masker sekali pakai. Namanya sekali pakai, jangan dicuci dan digunakan lagi. Tidak bersih dan tidak aman," kata netizen tersebut.

3 dari 4 halaman

Mengundang Rasa Iba Netizen

" Sis, saya ada banyak masker untuk pelanggan sebagai hadiah, gratis. Saya kasih kamu penyambung masker sekalian. Tolong DM alamatnya, saya belikan," kata netizen lainnya.

Tidak hanya netizen, kondisi yang dialami gadis tersebut turut mendapat perhatian sebuah supermarket. Mereka bersedia menyumbang masker secara gratis.

" Adik, dalam keadaan beginilah kami akan bagi masker gratis. Dua kotak itu ada masker 100 lapis, asalkan kamu pakai masker setiap hari.

" Silakan DM kami untuk dapatkan masker di oultet terdekat, OK Sis!" tulis Econsave melalui akun resmi Twitter supermarket itu.

© Dream
4 dari 4 halaman

Masker 100 Lapis

Namun, cuitan supermarket itu malah mengundang tawa netizen. Masalahnya supermarket mau membagikan masker 100 lapis, bukan lembar.

" Pasti Min (admin) ketik cuitan ini sambil pakai masker 100 lapis. Karena dia salah ketik sebab kekurangan oksigen," kata netizen bercanda.

" Wah, jadi gak bisa napas dong kalau 100 lapis," timpal netizen lainnya.

Sumber: mStar.com.my

Beri Komentar