Kapan Waktu Pembayaran Fidyah

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 6 Juli 2016 15:05
Kapan Waktu Pembayaran Fidyah
Fidyah dibayarkan sebagai pengganti puasa. Kapan waktu pembayarannya?

Dream - Ramadan mensyaratkan bagi setiap Muslim untuk menjalankan puasa. Tetapi ada beberapa golongan yang dibolehkan tidak berpuasa, salah satunya adalah orang lanjut usia (lansia).

Para lansia dibolehkan mengganti puasanya dengan membayar fidyah. Fidyah dibayarkan dalam bentuk memberi makan kepada orang miskin sebanyak hari puasa yang ditinggalkan.

Lantas, kapankah waktu pembayaran fidyah? Apakah fidyah harus dibayarkan di bulan Ramadan?

Keharusan mengganti puasa dengan fidyah terdapat dalam Alquran Surat Al Baqarah ayat 184.

" Wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin." (QS Al Baqarah ayat 184).

Sementara terkait waktu pembayarannya terdapat kelonggaran. Fidyah dapat dibayarkan pada waktu maghrib di hari puasa. Jumlahnya tetap sebanyak puasa yang ditinggalkan.

Fidyah boleh juga dibayarkan pada hari-hari di luar Ramadan. Praktik ini pernah dijalankan oleh sahabat Anas bin Malik RA.

Hal ini didasarkan pada riwayat dari Nafi', murid Ibnu Umar.

" Bahwa Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma pernah ditanya tentang wanita hamil yang khawatir terhadap anaknya (jika puasa). Beliau menjawab, 'Dia boleh berbuka dan memberi makan orang miskin dengan satu mud gandum halus sebanyak hari yang dia tinggalkan'.”(HR Al Baihaqi dari jalur Imam Syafi’i dan sanadnya sahih)

Riwayat kedua berasal dari Anas bin Malik RA.

" Dari Anas bin Malik radhiallahu ‘anhu, bahwa ketika dirinya sudah tidak mampu puasa setahun, beliau membuat adonan tepung dan mengundang 30 orang miskin, kemudian beliau kenyangkan mereka semua." (HR Ad Daruquthni dan dishahihkan Al Albani).

(Ism, sumber: konsultasisyariah.com)

 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone