5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Sering Dilakukan Saat Keramas

Reporter : Cynthia Amanda Male
Jumat, 21 Oktober 2022 17:12
5 Kesalahan Perawatan Rambut yang Sering Dilakukan Saat Keramas
Ubah kebiasaan ini agar rambutmu lebih sehat.

Dream - Keramas telah menjadi kebutuhan setiap orang yang dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan penampilan rambut. Sayangnya, tidak semua orang bisa merawat rambut dengan tepat meski telah melakukannya setiap hari.

Padahal, kesehatan rambut sangat bergantung pada cara keramas yang tepat. Cara keramas yang salah bisa menyebabkan berbagai masalah rambut. Kamu pun bisa merasa kurang nyaman dengan rambutmu sendiri.

Jika ingin merawat rambut dengan cara keramas yang tepat, simak tips yang dikutip dari unggahan Instagram Dokter Kulit, Arthur Simon berikut ini.

1 dari 6 halaman

1. Rambut Kurang Basah

Keramas© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sebelum menggunakan sampo, kamu harus memastikan rambut dan kulit kepala benar-benar basah. Jika tidak, sampo akan menempel di beberapa area rambut maupun kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Biasanya, hal ini terjadi pada orang yang sering mengalami rambut kusut atau berambut tebal.

2 dari 6 halaman

2. Menggaruk Kulit Kepala Saat Keramas

Menggaruk Kepala© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Sebagian orang mungkin terbiasa menggaruk kulit kepala saat keramas untuk memastikan sampo benar-benar merata dan berfungsi dengan baik. Padahal, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan luka di kulit kepala.

3 dari 6 halaman

3. Menggunakan Terlalu Banyak Sampo

Hampir sama dengan sabun, memakai terlalu banyak sampo juga bisa membuat seseorang merasa rambut dan kulit kepalanya lebih bersih setelah keramas. Apalagi, jika sampo yang digunakan menimbulkan banyak busa.

Meski bisa membuat orang merasa lebih bersih, tapi kebiasaan tersebut justru dapat meninggalkan residu atau sisa produk pada rambut. Sehingga, rambutmu lebih mudah berketombe atau berminyak. Jadi, gunakan sampo secukupnya dan gosokkan terlebih dulu pada tangan sebelum diaplikasikan di kulit kepala agar lebih merata.

4 dari 6 halaman

4. Menggunakan Air yang Terlalu Panas atau Dingin

Suhu air ketika mandi tidak dianjurkan terlalu dingin atau panas. Begitu pula ketika keramas. Jika air yang digunakan bersuhu terlalu panas, kulit kepala bisa mengering dan menyebabkan ketombe. Rambut pun bisa menjadi rapuh.

Sedangkan pemakaian air dingin mungkin bisa menutup pori-pori di kulit kepala dan menyebabkan produk perawatan rambut sulit terserap. Sehingga, perawatan rambut pun tidak efektif. Jadi, gunakanlah air bersuhu suam-suam kuku.

5 dari 6 halaman

5. Memperhatikan Urutan Mandi

Mandi© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Perhatikanlah urutan perawatan yang dilakukan ketika mandi karena bisa sangat berpengaruh pada kesehatan kulit dan rambut. Arthur menyarankan untuk keramas terlebih dahulu sebelum cuci muka dan menggunakan sabun.

Hal ini dilakukan untuk mencegah residu sampo dan kondisioner tertinggal di punggung atau bagian tubuh lainnya. Sehingga menyebabkan jerawat punggung, dada, maupun wajah.

Jadi setelah membilas sampo dan kondisioner secara maksimal, sebaiknya gunakan sabun serta cuci muka untuk memastikan sisa produk perawatan rambut tidak menyebabkan masalah kulit.

Beri Komentar