Sering Tak Disadari, Zat Metal di Air Bisa Merusak Rambut

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Senin, 20 September 2021 14:12
Sering Tak Disadari, Zat Metal di Air Bisa Merusak Rambut
Ternyata kandungan metal yang menyerap pada rambut membuat banyak dampak negatif pada kesehatan dan kecantikan rambut

Dream - Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kandungan metal  dapat merusak rambut. Hal ini bisa terjadi dalam aktivitas sehari-hari.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan L’oreal, 6 dari 10 wanita indonesia memiliki rambut dengan kandungan metal yang sangat tinggi, yakni 67 persen dari setiap helaiannya.

Loreal© Dream

“ Kandungan metal ini ternyata berasal dari air yang dipakai untuk keramas, polusi ataupun air di kolam renang,” Indra Tanudarma, Head of Education, L’Oréal Professionnel pada acara Metal DX L’Oréal #MeetYourHairExpectation.

Logam yang terkikis di pipa air, membuat partikel metal tercampur dengan air. Lalu saat keramas, metal menumpuk di dalam serat rambut.

Kandungan metal yang menumpuk ini ternyata dapat membuat helaian rambut menjadi rapuh, mudah patah dan sulit untuk diwarnai.

“ Metal dalam rambut meningkatkan rambut patah dan membuat warna rambut tidak akurat dan tidak sesuai ekspetasi ketika diwarnai,” tambah Indra.

1 dari 6 halaman

Metal Membuat Rambut Sulit Diwarnai

Zat metal menjadi faktor sulitnya rambut untuk diwarnai lebih terang. Karena setiap menggunakan pewarna rambut, kandungan pada pewarna itu terkontaminasi oleh metal yang membuat warna menjadi berubah.

Tidak sampai di situ, setelah diwarnai biasanya rambut jadi lebih rawan menyerap metal yang membuat warna rambut kembali kusam.

Loreal© Dream

“ Ditambah lagi dengan sinar UV sehari-hari yang berinteraksi dengan kandungan metal pada rambut, tentu dapat membuat refleksi menjadi lebih warm, warna rambut malah menjadi kusam, dan luntur,” ujar Indra.

2 dari 6 halaman

Cara Menetralisir Kandungan Metal

Zat yang dapat menetralisir kandungan metal pada rambut adalah Glikoamine.

“ Glikoamine ini harus diaplikasikan pada rambut sebelum dicat dan sesudah dicat untuk mempertahankan warna, tambah Irfan.

Loreal© Dream

Mendukung wanita Indonesia yang ingin memiliki rambut dengan warna terang, Metal DX Professional hadir untuk menetralisir kandungan metal dalam serat rambut serta mencegah rambut patah hingga 87%.

Mengandung Glicoamine, molekul inti dari Metal DX berfungsi untuk menargetkan dan menetralisir kandungan metal dalam serat rambut sehingga pewarnaan rambut menjadi sesuai ekspektasi.

Lie Kuang, Owner Lie Kuang & Co. Innovative Salon, L’Oréal Professionnel Ambassador juga merasa terbantu dengan Metal DX yang memermudah pekerjaannya sebagai hairdresser.

“ Tentunya kasih kepuasan ke konsumen karena hasil pewarnaan rambut akhirnya dapat sesuai ekspektasi,” ujar Lie Kuang.

3 dari 6 halaman

Rahasia Air Beras untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Dream - Air beras ternyata punya manfaat untuk kecantikan, khususnya untuk perawatan rambut. Air yang didapatkan dari cucian beras diyakini bisa menjadikan rambut kuat bersinar.

Cara ini sudah dilakukan dalam budaya Jepang lebih dari 1.000 tahun silam. Selain rambut, air beras juga diyakini berkhasiat untuk perawatan wajah. Bahkan, sudah banyak produk perawatan wajah yang memiliki kandungan air beras di dalamnya.

Kulit© Shutterstock

Jika kamu ingin membuat air beras sendiri di rumah, caranya juga sangat mudah. Kamu bisa langsung mengaplikasikan air cucian beras pertama, saat kamu sedang masak nasi ke wajah atau rambut.

 

4 dari 6 halaman

Kamu juga bisa merebus air dan beras dengan perbandingan 4:1. Setelah itu, biarkan mendingin dan masukan ke dalam wadah.

Kamu juga bisa membuatnya dengan cara merendam beras selama 30 menit, lalu ambil airnya. Jika kamu ingin mendapatkan air beras yang terfermentasi, biarkan rendaman ini dalam suhu ruang selama 1 hari.

Air beras diketahui memiliki segudang manfaat untuk kecantikan, seperti membuat kulit lebih cerah, melembapkan kulit.

Bahan alami ini sangat cocok digunakan kamu yang memiliki kulit kering karena dapat mengembalikan kelembapan kulit. Sedangkan untuk rambut yang diwarnai, memilih air beras untuk mengatasi masalah-masalah rambut adalah hal yang tepat.

5 dari 6 halaman

Air beras bisa untuk apa saja?

Bilasan rambut

Tambahkan beberapa tetes minyak essensial pada air beras yang sudah kamu fermentasi. Setelah itu aplikasikan ke rambut dari akarnya hingga ke ujung rambut, sebelum kamu keramas, dan biarkan selama 10 menit, baru setelah itu kamu keramas seperti biasa.

Ilustrasi© shutterstock

Dengan melakukan ini, kamu bisa mendapatkan rambut yang bersinar dan kuat. Selain itu, hal ini juga yang dilakukan nenek moyang Jepang untuk menumbuhkan rambut yang panjang.

6 dari 6 halaman

Toner

Aplikasikan air beras dengan sehelai kapas, lalu gunakan ke wajahmu sebagai toner. Toner ini bisa bermanfaat untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan ingin kulit terasa lebih lembap dan bersinar.

Ilustrasi© shutterstock

Lulur badan

Kamu juga dapat memanfaatkan air beras sebagai campuran lulur badan alami. Caranya tinggal campurkan air beras bersamaan dengan garam laut, lalu aplikasikan langsung ke badan sebagai eksfoliator alami.

Sumber: Healthline

Beri Komentar