Perlukah Keramas Usai Berenang?

Reporter : Cynthia Amanda Male
Senin, 19 Agustus 2019 06:48
Perlukah Keramas Usai Berenang?
Tapi jika tidak mau keramas, bisa...

Dream - Air kolam renang bisa dipastikan mengandung kaporit dan mungkin residu dari orang yang berenang di dalamnya.

Kaporit merupakan salah satu jenis disinfektan yang sering digunakan di kolam renang. Ketika ditaburkan ke dalam air, kaporit akan terpecah dan menghasilkan gas klorin.

Nah, klorin inilah yang membuat air kolam renang selalu tampak jernih. Namun di sisi lain klorin bisa membuat mata terasa pedas.

Tidak berhenti sampai di situ. Klorin dalam air kolam renang juga menyebabkan masalah pada rambut.

Terlepas dari jenis topi renang yang dipakai, tak bisa melindungi rambut dari klorin yang terkandung di dalam air kolam renang.

Lantas, apa yang harus dilakukan untuk melindungi rambut sehabis berenang? Apakah mencuci rambut dengan air saja sudah cukup?

1 dari 2 halaman

Rekomendasi para Ahli

Para ahli merekomendasikan untuk mencuci rambut dengan cara keramas setiap kali menggunakan kolam renang. Jika tidak dicuci, bahan kimia dari kolam renang akan menempel di rambut yang berujung pada rusaknya rambut.

 Keramas

Tapi jika tidak mau keramas, bisa membersihkan rambut dengan cara membilasnya dengan air biasaa. Namun cara ini masih dianggap kurang bersih karena klorin masih bisa menempel pada rambut.

2 dari 2 halaman

Menggunakan Masker Rambut dan Sampo Khusus

Jika berenang tiap hari, maka harus keramas setiap kali keluar dari air kolam renang. Namun keramas setiap hari tidak baik karena bisa menghilangkan kelembapan alami rambut.

Untuk itu disarankan membeli sampo khusus untuk membersihkan sekaligus menghilangkan klorin pada rambut dan kulit kepala

 Keramas

Selain itu, ganti kondisioner dengan masker rambut untuk menjaga kelembapan alami rambut. Setelah itu biarkan rambut mengering dengan sendirinya tanpa bantuan hair dryer.

Cara lain dalam melindungi rambut dari klorin adalah memakai krim khusus sebelum berenang.

(ism, Sumber: Times of India)

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen