LQ Tafsir: Aplikasi Asal Depok yang Dikunjungi 68 Negara

Reporter : Dwi Ratih
Selasa, 8 Mei 2018 06:30
LQ Tafsir: Aplikasi Asal Depok yang Dikunjungi 68 Negara
Bahkan sebuah mesin pencari khusus kandungan Quran asal Depok ini tembus sampai pengunjung dari 68 negara.

Dream - Tiga bulan setelah peluncuran perdana, Learn Quran (LQ) Tafsir, sebuah mesin pencari khusus kandungan Qur’an asal Depok, berhasil menembus 303.242 pengunjung.

Tak hanya dari dalam negeri, situs tafsir online ini juga telah dikunjungi pengguna dari 68 negara, termasuk Malaysia, Amerika Serikat, Singapura, bahkan Swedia.

Bernaung di bawah Yayasan Learn Quran, LQ Tafsir ini juga membidik pasar muslim dunia.

 LQ Tafsir

Tepat pada tanggal 17 April 2018, versi berbahasa Inggris akhirnya resmi dirilis kepada publik. Pengunjung dari berbagai negara di belahan dunia ini juga muncul karena pencarian menggunakan kata kunci dengan bahasa Inggris sudah bisa dilakukan.

Bagi muslim yang tinggal di negara minoritas muslim, mendapatkan buku-buku tafsir tentu lebih sulit, sehingga mesin pencari tafsir Quran ini akan sangat membantu.

LQ Tafsir diinisiasi sebuah tim kecil berjumlah empat orang, Mohammad Sani, Denny Yusuf, Himmatul Aliyah, dan Asma Nabila, serta ditambah dua orang penasihat.

Alham Fikri Aji, ahli Artificial Intelligence lulusan University of Edinburgh yang pernah bekerja di Apple dan Google sebagai penasihat teknologi, serta seorang ustad muda lulusan LIPIA, Nur Fajri Romadhon, Lc. sebagai penasihat konten tafsir. Programmer muda yang juga mahasiswa S2 UI, Muhammad Angga turut bergabung di awal tahun 2018.

Sumber tafsir yang sudah dapat dinikmati pengunjung situs ini adalah Tafsir Ibnu Katsir, baik dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris. Tafsir-tafsir lainnya akan ditambahkan agar pengguna memperoleh kandungan tafsir yang lebih luas dan beragam, termasuk untuk versi Bahasa Indonesia.

 LQ Tafsir

Denny, ketua Yayasan Learn Quran, menyebutkan bahwa setelah peluncuran versi web, banyak sekali pengguna yang meminta agar dibuatkan versi aplikasinya.

“ Beberapa waktu lalu, Learn Quran Tafsir juga sempat viral di grup WhatsApp, sehingga penggunanya sempat menembus lebih dari 33.000 orang dalam sehari,” ujarnya melalui surel ke Dream pada Senin, 7 Mei 2018.

Sebagai organisasi nirlaba, Learn Quran membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh pihak untuk turut berkontribusi dalam pengembangan “ Google-nya Quran”, julukan dari Learn Quran Tafsir.

Donasi dapat diberikan melalui Kitabisa atau langsung via transfer. Diharapkan kemajuan teknologi dan inovasi ini bisa membawa manfaat bagi seluruh umat muslim di dunia.

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie