10 Profesi Bergaji Besar Bagi yang Malas Sekolah (2)

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 13 Februari 2015 10:31
10 Profesi Bergaji Besar Bagi yang Malas Sekolah (2)
Ada yang memilih berburu gelar tinggi agar karir terus menanjak. Ada juga yang memilih SMK agar bisa segera bekerja.

Dream - Tanpa mengecilkan dunia pendidikan, selama ini masih banyak anggapan segelintir orang yang rela berburu gelar hingga ke luar negeri untuk memuluskan karirnya. Gelar yang tersemat dalam namanya diyakini bisa jadi jaminan memiliki posisi tinggi di sebuah perusahaan.

Sebaliknya, ada juga yang segelintir orang yang merasa cukup puas dengan lulus sekolah menengah atas dan kemudian mengambil diploma untuk bekerja. Jalan lebih singkat adalah menjadi siswa sekolah menengah kejuruan agar cepat mendapat kerja.

Setiap orang memang mempunyai penilaian dan keyakinannya sendiri. Meski memakai acuan gaji profesi di Amerika Serikat, setidaknya pekerjaan ini memberikan gambaran mengenai profesi yang bisa dijadikan rujukan. 

Mengutip laman therichest, Jumat, 13 Februari 2015, berikut adalah 10 pekerjaan yang tidak memerlukan gelar tinggi yang banyak namun bergaji besar:

1 dari 5 halaman

5. Asisten Kedokteran Nuklir

5. Asisten Kedokteran Nuklir

Gaji: US$ 70.180 (Rp 897,6 juta)

Asisten kedokteran nuklir bertugas menyiapkan peralatan pemindaian tubuh pasien menggunakan teknologi nuklir. Profesi dengan gaji US$ 70,180 ini mempersiapkan obat radioaktif dan membantu pasien mengkonsumsi obat-obatan tersebut agar bagian tubuh yang sakit dapat terlihat jelas selama pemindaian.

Mereka juga mengawasi pasien untuk memastikan tidak ada reaksi negatif dari obat-obatan yang dikonsumsi. Selain itu, asisten kedokteran nuklir menjawab pertanyaan dari pasien dan menjelaskan proses pencitraan, dan mereka juga memastikan bahwa pasien tidak terkena radiasi berlebihan.

Depnaker AS mengatakan gelar associate atau gelar sarjana sudah cukup untuk untuk posisi ini.

 

2 dari 5 halaman

4. Dental Hygienist

4. Dental Hygienist

Gaji: US$ 70,210 (Rp 897,9 juta)

Hampir sama dengan dokter gigi, profesi bergaji US$ 70,210 ini menjalankan berbagai layanan terkait gigi, termasuk memeriksa gigi berlubang, radang gusi, atau masalah gigi lainnya.

Mereka juga melakukan pemeriksaan gigi menggunakan rontgen, dan menghilangkan plak, noda, dan zat pengganggu lain dari gigi pasien. Dental Hygienist juga memoles gigi dan menggunakan zat khusus untuk menambal gigi.

Depnaker AS mengatakan gelar associate bidang dental hygiene sudah cukup untuk menjadi dental hygienist. Namun bagi yang ingin mengajar atau terlibat penelitian harus memiliki gelar sarjana atau pascasarjana.

 

3 dari 5 halaman

3. Pemasang dan Tukang Servis Elevator

3. Pemasang dan Tukang Servis Elevator

Gaji: US$ 76.650 (Rp 980,3 juta)

Pemasang dan tukang servis elevator adalah profesi dengan gaji US$ 76,650. Selain memasang elevator, mereka juga menguji dan mengatasi segala persoalannya. Mereka juga yang bertugas memastikan semuanya telah sesuai dengan standar dan prosedur pemasangan dan pemeliharaan elevator, eskalator, lift dan semua jenisnya.

Pendidikan minimal untuk menjadi pemasang dan tukang servis elevator adalah diploma sekolah tinggi dan 5 tahun pengalaman kerja.

 

4 dari 5 halaman

2. Terapis Radiasi

2. Terapis Radiasi

Gaji: US$ 77.560 (Rp 991,9 juta)

Terapis radiasi yang memiliki gaji US$ 77,560 ini tugasnya merawat pasien kanker dan jenis penyakit lain yang diderita pasien dengan menggunakan radiasi.

Mereka menggunakan akselerator linier, yang merupakan mesin yang bisa meningkatkan intensitas sinar x di daerah target tubuh pasien. Terapis radiasi juga memastikan akselerator linier bekerja dengan benar dan memberikan dosis radiasi yang tepat kepada pasien.

Depnaker AS menyatakan bahwa persyaratan pendidikan untuk menjadi seorang terapis radiasi ada tiga pilihan: program sertifikat 12 bulan, gelar associate, atau gelar sarjana dalam terapi radiasi.

 

5 dari 5 halaman

1. Petugas Pengatur Lalu Lintas Udara

1. Petugas Pengatur Lalu Lintas Udara

Gaji: US$ 122,530 (Rp 1,56 miliar)

Pekerjaan menjadi pengatur lalu lintas udara sepertinya menjadi idaman beberapa orang. Betapa tidak, mereka digaji hingga US$ 122,530. Angka tersebut mungkin seimbang dengan tanggung jawab yang diembannya.

Petugas pengatur lalu lintas udara bertugas mengatur setiap penerbangan agar selalu efisien dan aman. Mereka bertugas mengarahkan pesawat dan petugas darat di landasan pacu, memberitahukan kapan pesawat lepas landas atau mendarat.

Selain mengatur pesawat di darat, mereka juga mengatur pergerakan pesawat di udara. Petugas pengatur lalu lintas udara akan selalu memberikan informasi terkini mengenai cuaca dan informasi penting lainnya kepada pilot.

Menurut Depnaker AS, pekerjaan ini membutuhkan lulusan sekolah tinggi. Namun mereka harus memiliki pengalaman sebagai pilot, operator penerbangan atau bidang yang berhubungan dengan penerbangan lainnya. Biasanya, sekolah calon pengatur lalu lintas Air Traffic Collegiate Training Initiative menawarkan program pendidikan 2 sampai 4 tahun.

Beri Komentar