Aplikasi Ini Bisa Gantikan Orang Tua Jaga Bayi

Reporter : Ramdania
Sabtu, 6 Juni 2015 10:00
Aplikasi Ini Bisa Gantikan Orang Tua Jaga Bayi
Sering begadang untuk menimang bayi yang terbangun malam hari. Ini solusinya.

Dream - Seorang pengembang aplikasi mobile berhasil menciptakan aplikasi mobile yang bisa menggantikan orang tua menjaga bayi mereka.

Rob Tong awalnya merasa susah ketika anaknya yang baru berusia 12 bulan mulai kesulitan tidur. Tong harus rela begadang tiap malam untuk menidurkan anaknya, Freddie, yang terbangun tiap malam.

Satu-satunya yang bisa membuat anaknya tertidur kembali adalah ketika Tong menyanyikan lagu. Dari sinilah muncul ide merekam suaranya untuk 'meninabobokan' putranya Freddie.

" Saya merekam suara saya dengan Dictaphone, meletakkannya dekat Freddie dan keluar dari kamarnya," katanya, seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu, 6 Juni 2015.

Namun, sebagai seorang pengembang aplikasi, Tong baru sadar bahwa dia bisa membuat aplikasi yang bisa berfungsi secara lebih efektif. Didorong kelelahan karena sering kurang tidur, Tong membuat aplikasi yang akan aktif jika ada suara tertentu.

Aplikasi itu akan membantu para orang tua menjaga anak-anak mereka tetap tenang di malam hari. Dan terciptalah aplikasi mobile bernama SleepHero.

Selain dilengkapi dengan white noise, belum ada aplikasi sebelumnya yang dibuat seperti SleepHero. White noise dipilih Tong karena suara ini dianggap memiliki suara yang sama dengan yang ada di dalam kandungan.

Suara white noise bahkan bisa mengurangi stres yang dialami bayi. SleepHero punya beberapa contoh white noise dalam versi gratisnya.

Dalam perkembangannya, SleepHero dibuat agar penggunanya bisa merekam suara sendiri yang mungkin disukai oleh anak-anak. Rekaman suara tersebut secara otomatis akan aktif ketika anak-anak mulai menangis di tengah malam.

" Fitur autopilot secara efektif akan mengambil tugas shift malam Anda, mendeteksi ketika anak Anda terjaga dan memainkan audio pada volume yang sudah diatur sebelumnya," kata Tong.

Tong telah menghabiskan satu tahun untuk merancang dan menguji SleepHero, yang sekarang tersedia di App Store untuk iPhone, iPod, dan iPad. Meski bisa menggantikan tugas jaga, Tong tetap menyarankan para orang tua menyiapkan kopi sebanyak-banyak untuk berjaga-jaga.

Beri Komentar