Berserakan di Mana-mana, Inikah `Moyangnya` Tambang Emas Dunia?

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 13 September 2018 17:15
Berserakan di Mana-mana, Inikah `Moyangnya` Tambang Emas Dunia?
Sejauh mata memandang, emas terliht berserakan di areal tambang itu.

Dream - Penambang Henry Dole terkejut saat tiba di tambang Beta Hunt, barat daya Australia. Dole datang setelah para pegawainya membuat ledakan besar.

" Semuanya tertutup debu, saat saya menyiramnya emas berserakan di mana-mana, sejauh mata memantang," kata Dole kepada ABC News dikutip Dream, Kamis, 13 September 2018.

" Saya melihat bongkahan emas di depan mata, di tanah, sungguh unik....aku hampir tersandung....kami sampai memungutnya berjam-jam."

Kejadian langka itu baru permulaan. Pemilik tambang RNC Minerals Kanada mengatakan lokasi penemuan itu baru dari salah satu lokasi tambang yang mencakup sekitar 9.250 ons emas kualitas tinggi.

Jumlah emas yang ditemukan di tambang ini sangat mengesankan. Begitu juga dengan ukuran batunya.

Sebuah bongkahan baru ditaksir berbobot 200 poin diperkirakan memiliki kandungan emas sekitar 2.440 ons. " Dibutuhkan tiga orang untuk mengangkat batu itu," dikutip lama ABC.

Bongkahan baru lain berbobot 140 kilogram dan mengandung sekitar 1.620 ons emas.

" Ini adalah penemuan spektakuler - mungkin penemuan abad ini di kawasan tambang emas di Australia," ujar Ross Large, profesor geologi dari University of Tasmania kepada Financial Times.

 

1 dari 1 halaman

Ingatkan Era Gold Rush 1860

Bongkahan Emas© RNC Minerals

Large bahkan membandingkan temuan moyangnya tambang emas ini dengan peristiwa Gold Rush di era 1860-an.

Menurut para ahli, penemuan emas di tambang ini merupakan hal yang tak biasa. Biasanya para penambang hanya menemukan emas seukuran nugget yang beratnya hanya beberapa ons.

" Sangat, sangat jarang kita melihat hasil pada tingkat itu. Ini adalah penemuan yang sangat langka dan sangat menarik," kata Sam Spearing, direktur Sekolah Pertambangan Australia Barat di Curtin University, kepada BBC .

Penemuan emas dalam jumlah besar ini membuat RNC ekstra waspada. Perusahaan sampai meningkatkan keamanan menempatkan sejumlah penjaga bersenjata untuk mengangkut emas ke brankas yang aman.

Emas telah ditransfer ke Perth Mint, menurut perusahaan. Namun presiden RNC Mark Selby mengatakan kepada ABC bahwa beberapa batu terbesar akan dilelang secara terpisah. " Ada sekelompok kolektor yang cukup bagus yang akan menarik," katanya.

(Sah, Sumber: npr.org)

Beri Komentar