Aksi Nekat 2 WNA Bikin Perusahaan Atas Nama Jokowi

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 20 Juli 2017 11:15
Aksi Nekat 2 WNA Bikin Perusahaan Atas Nama Jokowi
Penipuan itu berkedok Pemilu 2019.

Dream - Jajaran Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap dua warga negara asing (WNA) yakni SK dari Guinea dan DDD dari Liberia, Afrika serta RS dari Indonesia lantaran telah mencatut nama Presiden Joko Widodo untuk mendapat keuntungan dengan menipu perusahaan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menjelaskan kasus tersebut bermula dari laporan PT Pembangunan Perumahan. Perusahaan pelat merah itu merasa dirugikan karena mendapat surat berisi permintaan mengirimkan sejumlah uang untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

" Intinya bahwa ingin mengucapkan terima kasih dan nanti akan berkaitan dengan kegiatan 2019. Seolah-olah dia akan mendukung presiden RI. Ada bahasa Inggris dan bahasa Indonesia," ucap Argo, di kantornya, Jakarta, Rabu, 19 Juli 2017

Setelah mendapat surat itu tertanggal 11 Juli 2017, komisaris PT Pembangunan Perumahan mengkonfirmasi kebenaran surat itu ke istana.

" Karena dia mempunyai teman di istana, akhirnya dicek. Ternyata dari Sekretaris Negara tidak pernah mengeluarkan surat seperti itu pada 11 Juli 2017," kata dia.

Argo mengatakan kedua WNA itu berperan mendistribusikan surat, menerima telepon masuk dan menyimpan uang dari hasil penipuan itu.

Pelaku juga diketahui telah mengirim 51 surat kepada perusahaan swasta maupun BUMN melalui jasa pengiriman.

" Di dalam surat mencantumkan (nomor) WhatsApp, nomor telepon dan surat elektronik (beralamat) jokowiirina@gmail.com," ucap dia.(Sah)

Beri Komentar