Tokopedia Diguyur Modal Rp14 Triliun, Mau Dipakai Apa?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 18 Agustus 2017 15:30
Tokopedia Diguyur Modal Rp14 Triliun, Mau Dipakai Apa?
Alibaba menjadi pemegang saham minoritas di Tokopedia.

Dream – Tokopedia baru ketiban rezeki runtuh. Perusahaan e-commerce ini mendapatkan suntikan dana dari perusahaan raksasa China, Alibaba Group, sebesar Rp14 triliun. 

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan dana triliunan tersebut rencananya akan dipakai untuk membangun pusat riset terbesar di Asia Tenggara.

“ Akan dibangun pusat riset yang lebih besar di Indonesia, pusat riset yang baik di Asia Tenggara,” kata William, di Jakarta dalam paparannya, Jumat 18 Agustus 2017.

Menurut William, pusat riset itu nantinya akan menjadi tempat berkumpul talenta terbaik yang bisa membawa perusahaan ke panggung dunia.

Selain pusat riset, dana investasi ini juga akan dialokasikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan Tokopedia dan mempermudah mitra perusahaan untuk mengembangkan usahanya.

“ Dana ini dipakai untuk akselerasi pertumbuhan lebih dari dua juta merchant dan membuka lapangan kerja baru di Indonesia,” kata dia.

Lebih jauh, William mengungkapkan perusahaan memang tengah fokus pada dua upaya pengembangan Tokopedia di masa depan. Kedua target besar itu adalah membuat masyarakat Indonesia dari Sabang-Merauke bisa mendapatkan layanan e-commerce yang sama dengan di kota-kota besar serta mengembangkan ekonomi di daerahnya.

Dijadikan Guru

Masuknya Alibaba Group sebagai salah satu pemegang saham perusahaan juga akan dimanfaatkan Tokopedia untuk berguru di bidang perdagangan elektronik. 

“ Bagi kami ini adalah milestone karena kami bisa belajar dari sosok guru yang kami anggap sebagai role model,” katanya.

William memandang Alibaba berhasil mengembangkan marketplace secara global. E-commerce yang didirikan oleh Jack Ma ini juga telah banyak makan asam garam di sektor bisnis digital ini. “ Kami yakin kerja sama ini bisa mengakselerasi misi kami untuk memeratakan ekonomi secara digital,” kata dia. (Sah)

Beri Komentar
Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'