Kanada Siap Jadi Pusat Keuangan Syariah di Benua Amerika

Reporter : Ramdania
Jumat, 4 Desember 2015 14:44
Kanada Siap Jadi Pusat Keuangan Syariah di Benua Amerika
Jumlah muslim yang lebih banyak dan sistem perbankan paling aman, Kanada bakal salip Amerika Serikat jadi pusat keuangan syariah di benua Amerika.

Dream - Kanada, yang dianggap memiliki sistem perbankan yang paling efektif dan paling aman di dunia versi World Economic Forum (WEF) kini sedang memposisikan dirinya sebagai pusat keuangan Islam di Amerika Utara.

Meski pesaing utamanya di kawasan itu, Amerika Serikat, adalah pasar yang jauh lebih besar secara keseluruhan, tetapi Kanada memiliki populasi Muslim yang lebih banyak. Keuntungan ini ditambah dengan peraturan perbankan yang mendukung serta orientasi masa depan yang diyakini berpotensi lebih menguntungkan dan kondusif untuk pertumbuhan keuangan Islam.

" Hubungan komersial Kanada dengan negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) tumbuh cepat. Kanada tertarik untuk mengeksplorasi berbagai cara untuk menjalin kemitraan baru dan menciptakan peluang kemakmuran kolektif untuk jangka panjang, baik di Kanada dan di dunia Muslim" , kata Arif Z Lalani, Utusan Khusus Kanada untuk Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Duta Besar Kanada untuk Uni Emirat Arab (UEA).

Seperti dikutip dari Emirates 247, Jumat, 4 Desember 2015, Thomson Reuters, penyedia informasi untuk bisnis dan profesional, dan Toronto Financial Services Alliance (TFSA), aliansi yang didedikasikan untuk menumbuhkan cluster jasa keuangan Toronto, merilis sebuah studi bersama, berjudul Canada Islamic Finance Outlook 2016, selama World Islamic Banking Conference (WIBC) yang diselenggarakan di Bahrain.

Sistem perbankan syariah Kanada memiliki potensi yang kuat untuk berkembang, dengan populasi Muslim yang terus berkembang diperkirakan lebih dari 1,3 juta (3 persen dari populasi) di Kanada. Dan diperkirakan akan meningkat menjadi 3 juta (6,6 persen dari populasi) pada tahun 2030.

Saat ini, ada potensi lebih dari US$ 2 miliar dalam bentuk kredit perumahan syariah di Kanada. Sebuah angka yang diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 18 miliar pada tahun 2020. Kondisi ini menjadi dasar yang kuat untuk mendukung pengembangan sistem perbankan syariah domestik.

Sukuk internasional (obligasi syariah) adalah area lain di mana Kanada berpotensi dapat menarik lebih banyak modal asing untuk mendukung kebutuhan infrastruktur yang total mencapai US$ 130 miliar atau 9 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Kanada.

Mengingat ekonomi Kanada yang kuat dan mendapat peringkat kredit AAA, ditambah dengan kebutuhan akan lembaga keuangan Islam di seluruh dunia, penerbitan sukuk kemungkinan akan mendapat permintaan yang signifikan.

Selain itu, penerbitan sukuk tersebut juga akan mendorong korporasi Kanada untuk memanfaatkan pasar modal syariah dan diversifikasi sumber-sumber pendanaan.

Takaful (asuransi Islam) juga siap untuk berkembang dan meluas, baik secara domestik maupun internasional. Hal itu tercermin baru-baru ini dalam perusahaan keuangan Kanada yang beroperasi di Asia Tenggara serta sejarah panjang asuransi mutual Kanada.

Yang perlu diperhatikan juga, manajer aset Kanada memiliki banyak pengalaman internasional dalam bidang keuangan dan ruang investasi syariah masih terbuka lebar dengan pangsa diperkirakan US$ 23 miliar investasi Islam di pasar OKI.

Selanjutnya, Kanada memiliki hubungan perdagangan yang signifikan dengan negara-negara mayoritas Muslim di seluruh dunia.

" Kanada dan Toronto memiliki semua bahan untuk menjadi pusat keuangan Islam di Amerika Utara dengan lingkungan ekonomi dan politik yang stabil; kekayaan aset yang kondusif; keterampilan manajemen risiko tradisional yang kuat; populasi Muslim besar dan berkembang; keterbukaan untuk melakukan bisnis dengan dunia, dan pemerintah yang efektif dalam mengatur regulasi dan melakukan pengawasan," kata Janet Ecker, Presiden dan CEO TFSA.

Beri Komentar