Sudah Lembur tapi Gaji Minim, Waktunya Lakukan 4 Hal Ini!

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 10 Oktober 2017 08:15
Sudah Lembur tapi Gaji Minim, Waktunya Lakukan 4 Hal Ini!
Kadang bayaran yang kita terima tak sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan.

Dream – Sahabat Dream, pernahkah merasa gaji yang diterima terlalu sedikit? Sudah bekerja keras dan lembur, tapi gaji masih segitu-gitu saja?

Sekadar mengingatkan, jika membiarkan perusahaan mempekerjakan kamu terlalu keras, namun tak memberikan bayaran yang setimpal, itu artinya membiarkan mereka mengeksploitasi kamu. Padahal, karyawan ini memiliki nilai, terlebih jika karyawan tersebut berkualitas tinggi, tetapi bayarannya minim.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika bekerja terlalu keras—bahkan sampai lembur berjam-jam—tetapi bayarannya kecil?

Dilansir dari The Muse, Selasa 10 Oktober 2017, ada empat cara yang bisa dilakukan. Yang pertama, bernegosiasi untuk mendapatkan uang lebih banyak. Dengan cara ini, kamu bisa meminta atasan untuk menaikkan gaji berdasarkan kontribusi yang diberikan kepada perusahaan.

Cara yang kedua, meminta kesetaraan gaji. Rasanya tidak adil jika karyawan yang telah bekerja keras dan hasil pekerjaannya bagus, mendapatkan bayaran di bawah karyawan yang hasil pekerjaannya biasa saja.

Cara ketiga adalah mencari pekerjaan baru. Jika perusahaan tidak bisa memahami kondisi dan pekerjaan kamu, lebih baik mencari-cari pekerjaan baru yang memberikan bayaran lebih tinggi untuk posisi yang sama. Jika sudah menemukan yang dicari, kamu bisa mengundurkan diri dari perusahaan. Tapi, ingat, jangan sampai perusahaan tahu bahwa kamu sedang mencari-cari pekerjaan lain.

Cara yang terakhir adalah resign. Cara ini merupakan cara terakhir jika pembicaraan negosiasi gaji tidak mentok. Katakanlah dengan sopan dan baik kepada atasan bahwa kamu memilih mundur karena masalah gaji yang minim, padahal sudah bekerja sangat keras. Jangan lupa menawarkan diri untuk melatih “ penerus” sebelum kamu mundur.

(Sah)

Beri Komentar