Pembeli Rumah di Negara Arab Pilih Bayar Tunai daripada Kredit

Reporter : Ramdania
Rabu, 22 April 2015 15:46
Pembeli Rumah di Negara Arab Pilih Bayar Tunai daripada Kredit
Penduduk di negara kaya, Uni Emirat Arab, memilih membayar tunai untuk pembelian rumah atau properti.

Dream - Membeli rumah dengan uang tunai merupakan hal yang berat bagi kebanyakan orang, terutama bagi yang berpenghasilan rendah. Mereka umumnya meminjam uang dari bank untuk membeli rumah secara kredit.

Namun demikian, terdapat beberapa orang yang lebih memilih membayar tunai karena mereka pikir itu menghemat banyak bunga kredit dan biaya lainnya. Tampaknya tren membeli rumah secara tunai kini semakin umum di Dubai atau Uni Emirat Arab (UEA).

Menurut sebuah survei terbaru yang dikutip dari Gulf News, Rabu, 22 April 2015, lebih dari setengah warga Emirat (54 persen) lebih memilih membayar dengan uang tunai atau cek untuk membeli properti di UEA.

Sebagai perbandingan, hanya sebagian kecil dari pembeli bukan warga UEA, warga Barat (27 persen), Arab (37 persen), dan Asia (39 persen), yang mampu membayar dengan uang tunai atau cek untuk membeli properti.

Para analis mengatakan ini menunjukkan bahwa investor masih memiliki begitu banyak keyakinan di pasar properti UEA.

" Penelitian memperlihatkan kepercayaan di pasar real estate lokal dengan tiga perempat dari pembeli pertama kali memilih untuk membeli properti di UEA," kata Kailash Nagdev, Direktur YouGov UEA, yang melakukan survei tersebut.

Ivana Stanisic, konsultan properti mengatakan bahwa tidak seperti warga UEA, sejumlah besar pembeli asing melakukan pembelian properti pertama mereka di UEA melalui pembiayaan.

" Pembeli yang lebih memilih pembayaran tunai melakukannya untuk menghindari bunga dan biaya lainnya karena mereka berniat memakainya untuk jangka panjang. Namun, untuk investasi properti yang melibatkan volume yang lebih besar, kredit yang lebih umum digunakan," kata Stanisic kepada Gulf News.

Namun pembeli properti disarankan agar tidak menghabiskan semua tabungan mereka untuk pembelian rumah karena mereka bisa kehilangan investasi lain yang bisa menawarkan keuntungan yang lebih tinggi.

Survei YouGov juga menemukan bahwa sebagian besar pembeli yang membayar secara tunai adalah individu dewasa, sekitar 85 persen, dengan usia lebih dari 50 tahun.

Sementara itu dari 308 responden yang dilibatkan dalam survei mengatakan lokasi adalah hal yang paling penting dalam membeli properti. Sekitar 51 persen responden mengatakan properti dekat pusat perbelanjaan adalah yang paling menarik dan diminati, diikuti oleh properti yang berada dekat dengan pantai, taman dan masjid.

Beri Komentar