PermataBank Proyeksi Potensi Dana Haji 2020 Capai Rp20 T

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 15 Mei 2020 10:33
PermataBank Proyeksi Potensi Dana Haji 2020 Capai Rp20 T
Disebutkan bahwa rata-rata pendaftar haji naik 10 persen per tahunnya.

Dream – PermataBank menangkap peluang dan potensi haji di Indonesia. Jumlah masyarakat yang menjadi nasabah tabungan haji di bank ini dilaporkan terus meningkat setiap tahunnya.

Potensi jumlah dana haji diproyeksikan mencapai Rp20,5 triliun pada 2020.

Direktur Unit Syariah PermataBank, Herwin Bustaman, mengatakan jumlah kuota haji Indonesia sejak 2017 sampai 2019 relatif tak berubah di kisaran 221 ribu per orang. Sebaliknya jumlah masyarakat muslim yang mendaftar terus bertambah.

Pada 2017 tercatat ada 607 ribu orang pendaftar haji yang meningkat menjadi 679 ribu orang pada 2018. Sementara tahun lalu jumlah pendaftar haji meningkat menjadi 747 ribu orang.

“ (Jumlahnya) 238 persen dari kuota haji (pada 2019),” kata Herwin dalam “ Exclusive Media Session PermataTabungan iB Haji” di Jakarta, Kamis 14 Mei 2020, 

Herwin mencatat rata-rata pertumbuhan pendaftar haji mencapai 10 persen per tahun. Meningkatnya jumlah pendaftar sedangkan kuota tidak bertambah ini membuat waktu tunggu haji menjadi lama. Berdasarkan data Kementerian Agama, rata-rata waktu ibadah keberangkatan haji di setiap provinsi selama 12-39 tahun.

“ Hingga tahun 2019, ada 3 juta pendaftar yang masih menunggu waktu keberangkatan haji,” kata dia. 

1 dari 5 halaman

Buka Tabungan Haji Bisa Lewat Mobil Banking, PermataBank Bidik 3000 Nasabah

Dream – PermataBank mempermudah nasabah untuk membuka tabungan haji dengan hanya mengakses aplikasi PermataMobile X. mereka yang mendaftar nantinya akan menjadi nasabah dari PermataTabungan iB Haji.

“ Dengan aplikasi ini, nasabah tak perlu datang ke bank untuk membuka tabungan haji,” kata Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank, Herwin Bustaman, dalam “ Exclusive Media Session PermataTabungan iB Haji” di Jakarta, Kamis 14 Mei 2020.

Herwin mengatakan, berdasarkan data Kementerian Agama, antusiasme umat Muslim Indonesia untuk daftar haji meningkat 10 persen pada 2019. Data Kemenag RI menunjukkan peningkatan pendaftaran haji dari 679.497 pendaftar di tahun 2018 menjadi 747.213 di tahun 2019, jauh melebihi kuota haji yang hanya di kisaran 200 ribu setiap tahunnya.

 

 © Dream

 

Tingginya animo masyarakat membuat waktu antri keberangkatan pun menjadi cukup lama, yakni hingga 39 tahun di beberapa daerah.

“ Kalau tidak mulai dari awal, masa tunggu akan menjadi lebih lama,” kata dia.

Dari produk ini, Herwin membidik ribuan nasabah baru. Dikatakan bahwa saat ini sudah ada 120 ribu-130 ribu nasabah yang menyetor dana tabungan haji.

“ Ke depannya, kami berharap paling tidak bisa (ada) 2 ribu-3 ribu nasabah baru dari membuka rekening melalui PermataTabungan iB Haji,” kata dia.

2 dari 5 halaman

Tawarkan Beragam Manfaat

Herwin mengatakan produk ini memiliki fitur dan layanan syariah yang lengkap. Setoran awalnya sebesar Rp250 ribu dan setoran berikutnya Rp50 ribu. Pembayaran setoran awal untuk pendaftaran ibadah haji, terkoneksi dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dan bebas biaya administrasi.

“ Semoga dalam peluncuran produk ini di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan bisa membantu nasabah dan calon nasabah PermataBank untuk mewujudkan niat mereka dalam melaksanakan ibadah haji lebih dini tanpa harus keluar rumah,” kata dia. 

3 dari 5 halaman

Edukasi Keuangan, Permata Bank Tunjuk 36 Pelajar SD Jadi Duta Menabung

Dream - PT Bank Permata Tbk (PermataBank) memperluas literasi keuangan melalui PermataBank Cilik Graduation 2019. Bank ini ingin mengedukasi pelajar SD tentang literasi dan keuangan digital.

Direktur PermataBank, Dayan Sadikin, mejelaskan program ini menjaring 128 peserta dari delapan sekolah di Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Ratusan peserta mendapat pembelajaran dan kurikulum yang menarik selama tiga bulan mulai dari Oktober sampai Desember 2019.

 

 © Dream

 

“ Kurikulum utama yang kami buat pada tahun ini adalah memberikan pengalaman bagi peserta, agar paham dan pintar mengelola uang, melalui berbagai simulasi yang menyenangkan, seperti mengikuti field trip dan berbagai workshop,” kata Dayan di Jakarta.

Pemilihan PermataBankir cilik ini juga diikuti dengan proses seleksi dan literasi. Ada 36 peserta terpilih yang dilantik sebagai duta menabung.

“ Selama proses seleksi dan literaksi ini, kita melihat kemampuan yang dimiliki oleh anak-anak ini, dimana kita akan memilih mereka yang mempunyai sifat leadership, kreativitas, dan juga percaya diri,” kata dia.

4 dari 5 halaman

Ajak Pelajar SLB untuk Jadi Duta Menabung

Dayan juga menegaskan, tahun ini PermataBank mengajak pelajar dari Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk ikut serta. Dia yakin setiap anak memiliki kesempatan yang sama dan semua kelompok layak untuk mendapatkan akses yang luas terhadap literasi keuangan.

“ Dengan terpilihnya 36 peserta, kami berharap mereka bisa menjadi Duta Menabung yang mengedepankan 3 in, yaitu tabungin, jajanin, dan jangan lupa untuk bagiin,” kata dia.  

Selain itu, PermataBank juga bekerja sama dengan PiBo, sebuah platform digital library untuk anak. Sebanyak 36 peserta Duta Menabung, membuat karya dongeng literasi keuangan secara digital dan akan dipublikasian, sehingga dapat dinikmati oleh seluruh anak Indonesia melalui Bacapibo.com.

“ Gadget saat ini sudah seperti teman baik bagi anak-anak. Hal ini kami manfaatkan untuk ikut memperluas dampak positif dari PermataBankir Cilik, tak hanya ke sekolah binaan tetapi ke masyarakat luas,” ujar Cofounder PiBo, Aisha Habir.

(Laporan: Michelle Rachel Evangelista Marami)

5 dari 5 halaman

Buka Rekening Permata Syariah Bisa Lewat Mobile Banking

Dream – Bank syariah berlomba-lomba menghadirkan kemudahan untuk memikat calon nasabahnya. Strategi ini juga dilakukan PT Bank Permata Tbk (PermataBank) dengan mempermudah dan mempercepat nasabah bertransaksi perbankan syariah lewat Shariah Mobile Banking Super App di PermataMobile X.

Salah satu fitur yang dihadirkan dari aplikasi mobile banking syariah ini adalah calon nasabah bisa membuka rekening secara online.

“ Shariah Mobile Banking Super App dalam PermataMobile X kami hadirkan untuk memfasilitasi gaya hidup modern masyarakat dalam melakukan aktivitas perbankan yang berbasis syariah,” kata Direktur Teknologi & Operasi PermataBank, Abdy D. Salimin, di Jakarta, Selasa 10 September 2019.

 

 © Dream

 

Bank Permata meningkatkan kemampuan aplikasi mobil banking andalannya ini dengan melengkapi fitur bank syariah. Lewat satu aplikasi ini, nasabah bisa memilih mengakses bank syariah atau konvensional.

“ Dengan Permata Mobile X untuk syariah banking, customer bisa membuka rekening syariah secara online di mana pun dan kapan pun tanpa harus datang ke cabang,” kata dia.

Sekadar informasi, PermataBank Syariah menawarkan empat produk keunggulan, yaitu PermataTabungan iB Haji Reguler, PermataTabungan iB Bebas, PermataTabungan iB Optima, PermataME iB. Bank ini juga menawarkan produk-produk lainnya seperti giro syariah dan reksa dana syariah.

(Sah, Laporan: Vika Novianti Umar)

Beri Komentar