10 Makanan Kaya Vitamin E Bantu Jaga Kesehatan Tubuh

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 5 Juni 2020 16:32
10 Makanan Kaya Vitamin E Bantu Jaga Kesehatan Tubuh
Banyak terdapat pada makanan sehari-hari.

Dream – Meskipun era new normal sudah mulai diterapkan di Indonesia, bukan berarti menurunkan tingkat kewaspadaan.

Tetap menjaga kesehatan tubuh adalah hal utama yang harus dilakukan. Karena disadari atau tidak, virus covid-19 masih berada disekitar kita.

Banyak upaya dilakukan agar tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Seperti istirahat yang cukup, melakukan olahraga ringan secara rutin, mengkonsumsi makanan yang sehat, hingga mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

1 dari 5 halaman

Manfaat Vitamin E

Suplemen Vitamin E© Pexels.com

Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi dapat memberikan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh. salah satunya makanan yang banyak mengandung vitamin E. Vitamin E diperlukan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin E juga menurunkan risiko seseorang terkena penyakit kanker, stroke, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. 

Vitamin E juga banyak mengandung aktioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Sehingga vitamin E membantu menangkal penyebab penyakit masuk ke tubuh.

Vitamin E juga berperan untuk menjaga fungsi berbagai sel dalam tubuh. Selain itu, vitamin ini membantu menyeimbangkan vitamin K yang berfungsi untuk membekukan darah.  

2 dari 5 halaman

Makanan yang Kaya Vitamin E

 

Kebutuhan harian vitamin E bagi orang dewasa adalah 15 miligram. Sedangkan untuk anak-anak membutuhkan 4 hingga 11 miligram.

Untuk mendapatkan asupan vitamin E bagi tubuh, kamu dapat mengkonsumi beberapa jenis makanan berikut yang terbukti mempunyai kandungan vitamin E tinggi.

3 dari 5 halaman

Dari Kacang dan Biji-Bijian

Kacang© Pexels.com

 

  • Almond

Almond kaya akan vitamin E. Selain itu, almond juga mengandung vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi.

  • Kuaci, biji wijen, dan biji labu

Ketiga biji-bijian ini juga mengandung vitamin E. bahkan seperempat gelas kuaci hampir sama dengan 95 persen kebutuhan vitamin E harian pada orang dewasa.

  • Kacang hazelnut

Kebutuhan harian akan vitamin E dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi kacang hazelnut. Satu ons kacang hazelnut dapat memebuhi sekitar 20 persen kebutuhan harian vitamin E orang dewasa.

  • Minyak biji gandum

Mengkonsumsi satu sendok minyak biji gandum dapat memenuhi 100 persen kebutuhan harian akan vitamin E.

4 dari 5 halaman

Dari Sayur-Sayuran

Sayuran© Pixabay.com

 

  • Bayam

Selain kacang dan biji-bijian, sumber vitamin E juga bisa didapatkan dari sayur. Bayam menjadi salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin E. Setiap 100gram bayam mentah mengandung sekitar 2.03 miligram vitamin E. Di samping itu, bayam juga banyak mengandung karoten, vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, hingga kalsium. Yang sangat baik untuk tubuh.

  • Brokoli

Mengonsumsi secangkir rebusan brokoli bisa memenuhi 4 persen kebutuhan harian akan vitamin E. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A dan K. Serta banyak mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menjaga jaringan sel tubuh tetap sehat.

  • Lobak hijau

Lobak hijau banyak mengandung vitamin E, A, C, dan K. Serta mempunyai kandungan folat. Dimana semua kandungan dalam lobak hijau, sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Mengkonsumsi lobak hijau juga dapat memenuhi 12 persen kebutuhan vitamin harian.

5 dari 5 halaman

Dari Buah-Buahan

Buahan© Pexels.com

 

  • Alpukat

Alpukat mengandung vitamin A dan C. dimana setiap 100gram alpukat setara dengan 2 miligram vitamin E. dan setiap 100gram alpukat mengandung sekitar 10 miligram vitamin C. Kandungan dalam buah alpukat sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Alpukat dapat dikonsumsi langsung atau dibuat jus.

  • Mangga

Kandungan vitamin E dalam buah mangga cukup tinggi. Selain itu, mangga juga banyak mengandung vitamin A, C, kalium, dan juga serat. Mangga juga banyak mengandung mineral dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi secangkir jus mangga setara dengan 1,5 miligram vitamin E.

  • Kiwi

Buah kiwi juga mengandung vitamin E yang tinggi. Kandungan tokoferol dalam kiwi, menjadi senyawa antioksidan yang baik untuk tubuh. Kandungan ini juga dapat melindungi tubuh dari berbagai masalah atau gangguan kulit.

 

(Sumber: hellosehat.com)

Beri Komentar