15 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah dan Belakang dengan Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto
Selasa, 19 November 2019 16:39
15 Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah dan Belakang dengan Alami
Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah dan Belakang Menggunakan Bahan Alami

Dream - Sakit kepala sering kali datang dengan berbagai macam peyebab. Bisa karena kelelahan, telat makan, bahkan saat salah makan. Sakit kepala yang hebat pastinya mengganggu kinerja sehari-hari.

Konsumsi obat-obatan berlebih untuk meredakan sakit kepala tentunya bukan keputusan yang baik. Kamu bisa mencoba beberapa cara menghilangkan sakit kepala berikut untuk membantu meredakan sakit kepalamu.

1 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Belakang

Sakit kepala belakang bisa dipicu oeh stres bahkan kurang tidur. Cara menghilangkan sakit kepala sebetulnya banyak sekali. Tapi, kamu harus mencoba beberapa cara berikut sebagai cara menghilangkan sakit kepala belakang.

Tekan ibu jari kaki

Ibu jari kaki memiliki saraf yang langsung menyambung dengan saraf kepala. Memberikan sedikit tekanan pada ibu jari kaki bisa sedikit meredakan nyeri di kepala. Hal ini bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan sakit kepala.

Gunakan 2 bola tenis

Bola tenis yang kamu punya, ternyata bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala yang kamu derita. Jejerkan bola tenis sejajar kemudian berbaringlah, dan posisikan bola tenis berada pada belakang leher. Hal ini bisa digunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala.

Minum air putih

Sakit kepala yang kamu derita, bisa jadi merupakan dehirasi atau kekurangan pasokan air. Beberapa ahli mengatakan bahwa ketika sedang mengalami dehidrasi menyebabkan pembuluh darah di otak kesulitan untuk mengatur cairan tubuh sehingga memicu sakit kepala.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Sebelah Kanan

kepala sebelah kanan atau kiri sering kita kenal dengan sebutan migrain. Migrain sendiri memiliki rasa sakit yang luar biasa bahkan bisa sampai membuat muntah. Yuk lihat beberapa cara menghilangkan sakit kepala sebelah berikut.

Mengonsumsi makanan manis

Otak membutuhkan energi untuk berfungsi, jika kadar glukosa pada tubuh rendah maka akan mempengaruhi fungsi kerja tubuh termasuk otak. Maka dampak tercepat yang terjadi selain lemas adalah sakit kepala.

Menggigit cabe rawit

Ahli gizi dari Nuffield Health (nuffieldhealth.com), Lili Soutter, mengatakan bahwa bahan aktif yang ada pada cabe rawit, capsaicin, terbukti mampu menghilangkan sakit kepala sebelah atau migrain.

Tundukkan kepala

Banyak kejadian sakit kepala yang disebabkan oleh tegangnya otot leher. Kamu bia menunduk selama 10 detik dan mengulanginya lagi untuk mengurangi rasa sakit pada kepala.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil

Ibu hamil juga memiliki potensi terkena sakit kepala. Padahal, ibu hamil tidak boleh minum obat sembarangan karena bisa menimbulkan efek negatif pada bayi yang dikandung. Tapi jangan khawatir, beberapa cara berikut bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan sakit kepala saat hamil

Kurangi penggunaan laptop dan smartphone

Radiasi yang ada pada layar smartphone maupun laptop bisa membuat mata sakit dan tak jarang menyebabkan sakit kepala. Hal ini bisa kamu kurangi dengan cara mengurangi memandang hal tersebut agar sakit kepala segera menghilang.

Tidur

Sakit kepala juga bisa muncul akibat kelelahan. Untuk ibu hamil, disarankan untuk mengurangi kegiatan dan memperbanyak istirahat. Terlebih tidur, karena setelah tidur energi akan pulih kembali dan mengurangi rasa sakit pada kepala.

Kompres es batu

Suhu dingin yang diciptakan oleh es batu bisa membuat otot kepala rileks. Cukup kompres kepala menggunakan es batu yang dibalut handuk selama beberapa saat dan tunggu sampai sakit kepala mereda.

4 dari 5 halaman

Cara Alami Menghilangkan Sakit Kepala

Bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur, pastinya juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan sakit kepala. Bahan-bahan di bawah ini ternyata bisa kamu gunakan sebagai cara mengobati sakit kepala.

Konsumsi kentang

Terkadang, sakit kepala disebabkan oleh kekurangan kalium dalam tubuh. Makanlah kentang rebus untuk memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh. Cukup dengan makan kentang rebus agar kebutuhan kalium pada tubuhmu terpenuhi. Jangan makan ketang yang digoreng, karena akan membuat kentang memiliki kadar jenuh dan tidak bisa meredakan sakit kepala.

Pisang

Pisang dapat digunakan sebagai cara mengatasi sakit kepala, karena mengandung senyawa potasium dan magnesium yang tinggi. Jika ingin sakit kepala cepat hilang, konsumsi pisang sebanyak 3 buah sehari.

Makanan yang mengandung daun mint

Salah satu penyebab sakit kepala yaitu sakit maag. Untuk itu bisa diobati dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung daun mint, seperti permen mint, teh mint dan lain sebagainya.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Haid

Nyeri haid yang teramat sangat juga bia menyebar hingga ke kepala. Yuk ikuti cara berikut sebagai cara menghilangkan sakit kepala akibat haid

Kurangi konsumsi garam

Konsumsi garam berlebih ternyata dapat menyebabkan kamu sakit kepala loh. Untuk itu kurangi konsumsi garam sebagai cara menghilangkan sakit kepala yang ampuh pada saat haid.

Kelola stres dengan baik

Ketika sedang haid, emosi akan tidak stabil, apa lagi ketika kamu sedang stres. Untuk itu kelola stres dengan baik agar sakit kepala bisa mereda.

Konsumsi obat pereda nyeri haid

Jika kamu sudah merasakan sakit kepala berkepanjangan yang disebabkan oleh haid, Kamu harus mengkonsumsi obat pereda nyeri ini agar sakit kepalamu bisa teratasi.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit kepala, tapi jika sakit kepala terus-menerus dan tidak sembuh-sembuh, sebaiknya perikasakan ke dokter ya!

(Jossi Andriani / dikutip dari berbagai sumber)

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara