20 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Kehamilan

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Kamis, 19 September 2019 14:13
20 Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Tubuh, Kulit, dan Kehamilan
Sudah bukan rahasia lagi kalau buah kiwi baik dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, masih banyak manfaat kiwi lainnya yang harus kalian tahu.

Dream- Buah satu ini memang unik, kulitnya berwarna cokelat kusam dan berbulu, tapi daging buahnya berwarna hijau segar. Rasanya juga tak kalah unik, seperti warna hijaunya, kiwi sangat segar, walau sedikit masam.

Kiwi mengandung banyak nutrisi yang baik untuk manusia, mulai dari kesehatan organ vital, kulit, dan baik untuk ibu hamil. Karena manfaatnya yang melimpah, harga buah kiwi tergolong mahal. 

Dalam buah kiwi terdapat kandungan folat yang baik untuk perkembangan janin dan kesehatan otak. Ditambah dengan kandungan kalori, karbohidrat, protein, serat, dan berbagai macam vitamin. Salah satu vitamin yang banyak terkandung dalam buah kiwi ialah vitamin C, vitamin K, dan A.

 Manfaat Kiwi

Berikut 20 manfaat kiwi yang bisa kita peroleh dengan rutin mengonsumsinya.

1 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi untuk Tubuh

1. Cara Agar Cepat Tidur

Bagi penderita gangguan tidur atau insomnia, mengonsumsi kiwi secara rutin bisa jadi solusi. Kandungan serotonin dan antioksidan dalam kiwi sangat baik untuk mengatasi masalah tersebut. Serotonin juga baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan menenangkan tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Banyak yang mengira kalau vitamin C paling banyak terkandung dalam jeruk, padahal kandungan vitamin C buah kiwi jauh lebih banyak dibandingkan jeruk. Vitamin inilah yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh, menangkal efek buruk radikal bebas, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi buah kiwi secara rutin akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar.

 Manfaat Kiwi

3. Meningkatkan Suasana Hati

Efek penenang yang diberikan oleh kiwi ternyata juga baik untuk meningkatkan dan memperbaiki suasana hati. Kandungan serotonin dan antioksidan sangat berperan penting dalam mengatur suasana hati dan membuatnya menjadi lebih baik.

2 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi untuk Kulit

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Keseimbangan pH tubuh sangat mempengaruhi kadar keasaman pada tubuh, khususnya kulit. Untuk menjaga keseimbangan pH, tubuh memerlukan vitamin C dan E yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa antioksida juga mampu medegradasi kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat.

5. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya ampuh menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, rutin menggunakan masker kiwi untuk wajah dan mengonsumsi suplemen kiwi mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Garis halus, kerutan, dan noda hitam dijamin akan berkurang dan tidak datang lagi.

 Manfaat Kiwi

6. Mengencangkan Kulit

Berkaitan dengan manfaat kiwi untuk mencegah penuaan dini, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam kiwi mampu mengencangkan kulit, membuatnya tampak lebih segar, sehat dan bugar.

7. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Memanfaatkan buah kiwi sebagai bahan perawatan kulit sehari-hari juga mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Hal ini dikarenakan kiwi mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit akibat radiasi berbahaya.

3 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan

8. Mencegah Masalah Jantung

Jantung jadi organ vital tubuh yang berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Apabila terjadi penumpukan plak di pembuluh darah, akan menyebabkan berbagai masalah pada jantung. Buah kiwi mampu mengatasi masalah satu ini. Tak hanya mampu mencegah penumpukan plak di pembuluh darah saja, tapi juga mampu mencegah masalah kardiovaskular.

 Manfaat Kiwi

9. Mengatur Tekanan Darah

Jantung yang sehat akan sangat berpengaruh pada tekanan darah. Kandungan polifenol, kalium, vitamin C dan E dalam kiwi sangat efektif untuk menjaga tekanan darah untuk tetap normal, mencegah serangan jantung dan stroke.

10. Mencegah Kanker

Buah yang berasal dari China ini ternyata sudah digunakan sebagai obat tradisional yang dipercaya ampuh mencegah dan menyembuhkan berbagai jenis kanker. Cara memanfaatkannya ialah dengan mengonsumsi ekstrak buah kiwi sebagai suplemen harian,

4 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi untuk Menjaga Kesehatan

11. Menjaga Kesehatan Mata

Buah kiwi mengandung zeaxanthin dan lutein tinggi yang baik untuk penglihatan. Kandungan alami ini mampu mencegah degenerasi makula, katarak dan glukoma. Selain bisa dikonsumsi langsung, ekstra buah kiwi sangat disarankan untuk mendapatkan manfaat satu ini.

 Manfaat Kiwi

12. Menjaga Kesehatan Pernapasan

Batuk kronis dan asma menjadi salah satu penyakit pernapasan yang sangat umum. Vitamin C di dalam kiwi tak hanya baik untuk meningkatkan sistem imun, tapi juga dapat memperlancar saluran pernapasan dan meredakan penyumbatan di hidung. Inilah yang membuat kiwi sangat baik untuk menjaga kesehatan pernapasan manusia.

13. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain kandungan vitamin C yang tinggi, kiwi juga mengandung vitamin K. vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang, membantu penyerapan kalsium, dan mengurangi risiko cedera. Mengonsumsi kiwi secara rutin juga bisa mnegurangi risiko osteoporosis dan mempercepat penyembuhan cedera.  

14. Menjaga Kadar Gula Darah

Kiwi termasuk dalam daftar makanan dengan indeks glikemik yang rendah sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tidak hanya bagi penderita diabetes saja, kiwi juga baik dikonsumsi oleh siapa saja guna menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap normal dan seimbang.

5 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi untuk Pencernaan

 Manfaat Kiwi

15. Kaya Serat, Cocok untuk Menurunkan Berat Badan

Buah kiwi dapat dimasukan dalam menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Ini karena kiwi mengandung serat yang baik untuk menjaga perut tetap kenyang tapi tidak mengurangi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi kiwi saat diet.

16. Menetralkan Asam Lambung

Walau rasanya asam, ternyata kiwi termasuk dalam buah yang bersifat basa. Kandungan basa inilah yang membuat kiwi mampu melawan asam lambung yang sedang naik-naiknya. Bagi penderita maag, memakan buah kiwi bisa jadi pertolongan pertama yang efektif saat kambuh.

17. Meredakan IBS

IBS atau Irrritable Bowel Syndrome adalah gangguan pencernaan kronis yang disebabkan oleh metabolisme tubuh yang lemah diikuti dengan kurangnya asupan serat. Bagi penderita IBS mengonsumsi kiwi bisa jadi solusi untuk meredakan rasa sakit dan mengurangi risiko semakin bertambah parahnya IBS.

6 dari 6 halaman

Manfaat Kiwi untuk Ibu Hamil

 Manfaat Kiwi

18. Baik untuk Perkembangan Janin

Salah satu kandungan kiwi yang sangat penting untuk ibu hamil yaitu folat. Jenis asam satu ini sangat dibutuhkan ibu hamil untuk memproduksi sel darah merah dan untuk perkembangan janin. Tak hanya itu saja, mengonsumsi kiwi saat hamil juga dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat.

19. Mengatasi Mual

Mual jadi salah satu gejala kehamilan yang paling umum dialami. Kondisi ini disebabkan oleh perubahan hormone pada tubuh ibu yang sedang hamil. Untuk meredakan rasa mual, ibu hamil bisa mengonsumsi buah kiwi secara rutin.

20. Mencegah Hipertensi 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa kiwi mampu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Hal tersebut sangat penting bagi ibu hamil, terutama untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hipertensi kerap terjadi pada ibu hamil, apabila kondisi tersebut dibiarkan sampai menjelang kelahiran, akan berakibat buruk bagi ibu dan bayi.

Sumber: Health Benefits Times dan beberapa sumber

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan