5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Membakar Lemak Tubuh

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 26 Agustus 2019 11:22
5 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Membakar Lemak Tubuh
Mendapatkan berat badan yang ideal dengan membakar lemak tubuh sangat efektif untuk dilakukan. Cek cara menurunkan berat badan berikut ini.

Dream- Berat badan yang ideal menjadi impian bagi siapa saja. Bukan saja masalah penampilan tapi juga masalah kesehatan. Berat badan yang berlebihan tentu tidak baik, begitu pula dengan berat badan yang terlalu rendah.

Untuk mencapai berat badan yang ideal, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari melakukan olahraga rutin, diet, dan lain sebagainya.

Diet pun ada beragam, ada diet yang digunakan untuk menaikkan massa otot, diet untuk menurunkan berat badan, maupun sebaliknya.

Dari jenis diet tersebut, masih ada banyak lagi jenis diet lainnya. Untuk menentukan jenis diet yang cocok, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Selain dengan diet, cara menurunkan berat badan juga bisa dilakukan dengan membakar lemak tubuh.

Pembakaran lemak jahat yang ada dalam tubuh ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan, dan menjadi kunci utama yang mempengaruhi keberhasilan diet dan olahraga rutin.

Berikut 5 cara menurunkan berat badan dengan membakar lemak yang ada dalam tubuh:

1 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Memulai Latihan Kekuatan

Latihan fisik merupakan salah satu cara menurunkan berat badan yang paling efektif.

Dengan gerak tubuh yang aktif, otot yang ada dalam tubuh juga akan aktif dan kencang. Dan, latihan fisik dengan melatih kekuatan, juga dapat membangun massa otot.

Menurunkan Berat Badan© Shutterstock


Tidak hanya baik untuk membangun otot, latihan kekuatan juga baik untuk membakar lemak dalam tubuh.

Seperti yang disebutkan Healthline, dalam 12 minggu, latihan kekuatan diiringi dengan aerobik sangat efektif untuk mengurangi lemak tubuh dan perut.

Latihan kekuatan yang dilakukan secara rutin terbukti mampu meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat, mengurangi lemak perut, dan menjadi cara menurunkan berat badan yang signifikan.

2 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Diet Tinggi Protein

Menurunkan Berat Badan© Shutterstock

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, ada begitu banyak jenis diet yang bisa dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Dan, jenis diet yang cocok untuk menurunkan berat badan ialah dengan diet tinggi protein.

Diet tinggi protein merupakan diet di mana konsumsi makanan dengan protein tinggi jadi kunci utama.

Dengan mengikuti diet tinggi protein ini, tidak hanya berat badan saja yang akan turun, tapi juga menurunkan risiko penumpukan lemak perut.

Makanan berprotein tinggi juga baik untuk menambah massa otot dan membantu proses metabolisme selama diet berlangsung.

Contoh makanan dengan protein yang tinggi ialah daging, seafood, telur, dan susu protein.

3 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Menambahkan Cuka

Selain mengikuti diet tinggi protein, cara menurunkan berat badan dengan membakar lemak tubuh yang jarang diketahui ialah menambahkan cuka dalam makanan yang kita konsumsi. Cuka sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Tidak hanya ampuh membakar lemak tubuh, cuka juga mengandung nutrisi yang dapat mengontrol gula darah dan menjaga kesehatan jantung.

Dengan menambahkan cuka dalam makanan, juga dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga membuat kita makan lebih sedikit.

Salah satu jenis cuka yang baik untuk menurunkan berat badan ialah cuka apel. Kita bisa memanfaatkan cuka sebagai tambahan dalam membuat salad, atau bisa juga langsung mengonsumsinya dengan air putih.

4 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Meningkatkan Latihan Kardio

Menurunkan Berat Badan© Shutterstock

Seperti yang disebutkan dalam cara menurunkan berat badan dengan latihan kekuatan, aerobik menjadi olahraga yang baik dilakukan untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan. Aerobik merupakan salah satu latihan kardio yang cukup populer.

Menurut sebuah penelitian, latihan kardio yang dilakukan 150-300 menit setiap minggunya, atau sekitar 20-40 menit setiap hari dapat membakar lemak dalam tubuh secara efektif.

Selain aerobik, latihan kardio juga bisa dilakukan dengan beberapa olahraga lain seperti berlari, jogging, bersepeda, dan berenang. Apabila latihan kardio ini dilakukan secara rutin dan terus menurus, dijamin tidak hanya berat badan ideal saja yang diperoleh, tapi juga tubuh yang sehat dan bugar.

5 dari 5 halaman

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Mengonsumsi Lemak Sehat

Menurunkan Berat Badan© Pixabay

Makanan dengan protein yang tinggi, menambahkan cuka dalam makanan tidak akan lengkap tanpa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.

Tiga tips memilih makanan ini sangat efektif untuk membakar lemak dalam tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Makanan dengan lemak jenuh bisa dijumpai di beberapa makanan seperti buah alpukat, minyak kelapa, minyak zaitu, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Tidak hanya ampuh menurunkan berat badan, mengonsumsi makanan tersebut juga dapat membantu membakar lemak perut.

Lemak jenuh yang terkandung dalam makanan tersebut, diserap lambat oleh tubuh, sehingga akan menimbulkan efek kenyang yang cukup lama. Selain itu, makanan tersebut juga mengandung kalori yang cukup sehingga baik dikonsumsi setiap hari,

(ism, Sumber: Healthline)

Beri Komentar