6 Cara Mengatasi Depresi, Tips Memberi Dukungan Teman yang Depresi

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Rabu, 16 Oktober 2019 17:13
6 Cara Mengatasi Depresi, Tips Memberi Dukungan Teman yang Depresi
Depresi bukan masalah sepele. Cara mengatasi depresi ini mungkin bisa membantu Anda yang memiliki teman dalam keadaan depresi dan membutuhkan dukungan mental.

Dream- Gangguan kesehatan mental satu ini tak boleh disepelekan, walau sangat umum terjadi. Sulit untuk mengetahui apakah teman atau keluarga kita sedang mengalami depresi secara sekilas saja.

Untuk mengetahuinya perlu komunikasi antara dua belah pihak, atau diagnosa dari ahli kejiwaan. Apabila depresi dibiarkan tanpa ditangani dengan baik, bisa membuat penderitanya melukai diri sendiri hingga menjurus ke arah bunuh diri.

Tentu hal itu sangat tidak diinginkan. Untuk mengatasi depresi dan mencegah hal itu terjadi, dukungan sosial sangat diperlukan bagi penderita depresi.

Apabila Sahabat Dream memiliki teman atau mengenal orang yang sedang mengalami depresi, dukungan kita sangat dibutuhkan.

Jangan menganggap depresi sebagai sebuah sikap berlebihan, karena depresi itu jelas ada dan sangat berbahaya bila dibiarkan saja.

Berikut 6 cara mengatasi depresi untuk Anda yang memiliki kerabat atau teman penderita depresi. Katakan pada mereka enam hal ini dan dengarkan apa keluhan mereka: 

1 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Depresi dengan Meningkatkan Kepedulian

Diri kita mungkin sedang tidak mengalami depresi, tapi bagaimana apabila salah satu teman atau keluarga kita mengalami gangguan mental satu ini?

Sebagai orang terdekat, memberi dukungan sosial adalah hal yang paling penting.

 Cara Mengatasi Depresi


Ketika seorang yang kita kenal tiba-tiba berubah, mulai dari perilaku dan cara berbicaranya, jangan sungkan untuk menanyakan.

Tanyakan, apakah mereka baik-baik saja, atau sedang ada masalah. Pertanyaan tersebut sangat mendasar, tapi sangat penting untuk mengetahui apakah teman kita sedang membutuhkan bantuan atau tidak.

Walau terkadang mereka bisa saja berbohong dengan mengatakan mereka baik-baik saja. Sebagai teman, kita tidak bisa memaksa mereka berbicara bila mereka tidak mau.

Cukup katakan, bahwa kita siap mendengarkan keluhan dan masalah mereka kapan saja. Kepedulian sangat penting untuk mengatasi depresi.

2 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Depresi dengan Tidak Memberi Ceramah Panjang

Ketika teman mengatakan mengalami depresi, cara mengatasi depresi yang bisa kita lakukan ialah memberi dukungan sosial.

Ada beberapa hal yang harus diketahui agar dukungan yang kita berikan bisa berdampak baik dan tidak menimbulkan masalah baru bagi penderita depresi. Perhatikan apa yang kita ucapkan ketika berbicara dengan mereka.

 Cara Mengatasi Depresi


Terkadang, orang depresi hanya butuh didengar dan ditemani. Jadi, jangan memberi mereka ceramah panjang, yang belum tentu bisa diterima dengan baik.

Cukup dengarkan terlebih dahulu, apabila mereka meminta saran, beri saran berupa pilihan, bukan ceramah panjang seolah kita memahami apa yang sedang ia hadapi.

Jangan katakan hal-hal yang menghakimi, seperti, “ Semuanya akan baik-baik saja. Tenang saja,” atau, “ Ada banyak orang di luar sana yang lebih buruk darimu.”

3 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Depresi dengan Menjadi Pendengar yang Baik

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, terkadang orang depresi hanya perlu didengar.

Dukungan sosial dapat diberikan dengan menjadi pendengar yang baik. Jangan menyela setiap ceritanya atau memberi respon yang salah.

 Cara Mengatasi Depresi


Apabila merasa kita tidak mampu membantu atau memberi dukungan yang baik, sarankan pada teman untuk mengunjungi psikolog atau psikiater untuk menjalani perawatan.

Ketika teman sudah menjalani perawatan, jangan lupa untuk selalu menanyakan bagaimana perawatannya dan sampai di mana perkembangannya.

Dengan menanyakan kabar, dan mendengarkan cerita mereka tentang bagaimana mereka menjalani perawatan, akan sangat membantu.

Mereka akan merasa lebih dianggap dan diperhatikan. Cara mengatasi depresi ini sangat efektif.

4 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Depresi dengan Meyakinkan Dia Tak Sendiri

Berdasarkan penelitian yang dikutip dari Healthline, diperkirakan hampir setiap orang pernah mengalami depresi. Setidaknya satu kali.

Depresi bisa muncul ketika seseorang merasa terasingkan dan merasa sendirian walau di tempat ramai sekalipun.

 Cara Mengatasi Depresi


Ketika menjumpai teman yang merasakan gejala depresi tersebut, kita bisa memberi dukungan dengan mengatakan, bahwa ia tak sendirian dan masih banyak orang yang mencintainya. Tanyakan pada mereka mengapa ia merasa sendirian, lalu dengarkan mereka.

Cara mengatasi depresi lainnya ialah dengan selalu menemaninya, menanyakan kabarnya, dan membuatnya merasa ia tak sendiri. Metode ini cukup efektif untuk membuat tekanan karena kesepian berkurang.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Depresi dengan Menyadari Keberadaan

Terkadang, orang yang mengalami depresi merasa seolah dirinya tidak dianggap dan kehadirannya dirasa tidak penting.

Inilah yang menjadi awal munculnya perasaan terasing dan seolah diacuhkan. Bila perasaan ini terus dibiarkan, depresi bisa semakin memburuk.

 Cara Mengatasi Depresi


Katakan pada penderita depresi, bahwa mereka sangat penting untuk kita, keberadaan mereka sangat dibutuhkan, atau kita bisa memberikan pernyataan yang lebih detail dan jelas.

“ Tanpa kamu, nanti tidak seru,” atau hal lain berupa pujian atau apresiasi atas apa yang telah mereka lakukan selama ini.

Selain itu, untuk mengatasi depresi yang dialami teman, kita tidak boleh menyepelekan. Apa yang sedang dialami oleh penderita depresi tidak bisa kita bayangkan.

Hal terbaik untuk menolong dan memberi mereka dukungan ialah dengan mengakui beban yang sedang mereka hadapi.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Depresi dengan Kesediaan Siap Membantu

Tips memberi dukungan pada teman untuk mengatasi depresi yang terakhir ialah dengan selalu menemani mereka.

Selalu menemani bukan berarti selama 24 jam bersama, tapi lebih pada kesediaan untuk menerima mereka kapanpun mereka membutuhkan uluran tangan.

 Cara Mengatasi Depresi


Cukup dengan mengatakan, bahwa kita siap mendengarkan atau membantu mereka kapapun ketika dibutuhkan.

Walau faktanya, tidak ada kata yang sempurna untuk dikatakan pada orang yang sedang depresi. Perhatian dan dukungan dalam bentuk non-verbal mungkin bisa lebih membantu mereka untuk mengatasi depresi.

Penting juga bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda keinginan bunuh diri seorang penderita depresi. Misalnya saja dari perkataan mereka yang terasa sangat tidak bersemangat hidup, dan perilaku mereka yang mulai aneh. (ism, Sumber: Healthline)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik