20 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila
Rabu, 30 September 2020 08:47
20 Tujuan Utama Latihan Kebugaran Jasmani
Selain menyehatkan tubuh, latihan kebugaran jasmani juga memiliki tujuan yang bermanfaat bagi tubuh.

Dream - Latihan kebugaran jasmani merupakan salah satu aktivitas olahraga yang banyak dilakukan. Jika dilakukan dengan rutin, latihan kebugaran jasmani akan membantu menjaga daya tahan dan fisik seseorang. 

Tak hanya itu, dengan melakukan latihan kebugaran jasmani, kamu juga bisa melatih keseimbangan otot dan membakar kalori lebih cepat. Latihan ini paling cocok bagi para pejuang diet. Pembakaran kalori yang cepat akan membantu proses penurunan berat badan. 

Jadi semakin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang, maka makin tinggi pula kemampuan kerja fisiknya. Makin sering kamu berolahraga, tubuhmu menjadi tidak mudah lelah, dan daya tahan tubuhmu bisa lebih meningkat.

Selain menjaga daya tahan tubuh, masih ada beberapa tujuan latihan kebugaran jasmani yang perlu kamu ketahui. Sebab dengan mengetahui tujuan latihan kebugaran jasmani, maka setiap orang yang melakukannya akan memiliki target tersendiri yang bisa dicapai. 

Lalu, apa saja tujuan utama latihan kebugaran jasmani? Berikut 20 tujuan utama latihan kebugaran jasmani yang berhasil Dream rangkum dari berbagai sumber. 

1 dari 11 halaman

Lenturkan Sendi & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Berolahraga Agar Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan© MEN

1. Melenturkan Sendi

Salah satu tujuan latihan kebugaran jasmani yang perlu kamu ketahui adalah melenturkan sendi. Dengan rutin melakukan latihan, otot-otot tubuh dan anggota gerak lainnya akan lebih lentur.

Untuk jenis latihannya, Sahabat Dream bisa mencoba dengan melakukan berbagai gerakan senam lantai. Seperti roll depan, roll belakang, kayang, split, lompat harimau atau melakukan gerakan dari kepala hingga ke kaki.

Sendi yang lentur dapat membantu seseorang agar tak mudah cedera saat berolahraga. Otot dan sendi tak akan mudah terkilir lagi. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani selanjutnya adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika rutin melakukannya, daya tahan tubuh akan semakin kuat. Metabolisme tubuh juga akan semakin lancar dan sistem imun meningkat.

Latihan kebugaran jasmani mampu mencegah terkena berbagai penyakit, baik penyakit menular atau penyakit ringan seperti flu atau demam.

Orang yang rajin melakukan latihan kebugaran jasmani juga akan terlihat lebih sehat, segar dan cerah. 

2 dari 11 halaman

Perlancar Peredaran Darah & Menguatkan Tulang

3. Memperlancar Peredaran Darah

Jangan Takut Donor Darah, Mari Bantu Penderita Thalassemia© MEN

Selanjutnya, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah memperlancar peredaran darah. Peredaran darah yang lancar akan membantu kerja organ-organ penting dalam tubuh. 

Salah satu organ yang sangat terbantu adalah jantung. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan melakukan latihan kebugaran jasmani secara rutin, maka kinerja jantung juga akan lebih optimal dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Selain itu, otot jantung yang terlatih akan semakin kuat dan aliran darah dalam pembuluh darah akan semakin lancar.

Kamu pun dapat terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung koroner, stroke, serangan jantung hingga gagal jantung.

Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa dicoba, antara lain seperti senam aerobik, treadmill, jogging dan jenis olahraga lainnya.

4. Menguatkan Tulang

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani berikutnya adalah menguatkan tulang. Dengan banyak berolahraga dan latihan yang tepat, tulang akan semakin kuat dan terhindar dari dari osteoporosis. Selain itu, tulang yang kuat akan meminimalkan risiko terjadinya patah tulang saat terjatuh. 

Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan untuk menguatkan tulang yakni, berjalan kaki, lari, bersepeda, mendaki, naik turun tangga, senam dan angkat beban.

 

 

3 dari 11 halaman

Kontrol Berat Badan & Tingkatkan Kualitas Tidur

4 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur© MEN

5. Mengontrol Berat Badan

Selanjutnya, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah mampu mengontrol berat badan. Dengan berbagai aktifita fisik yang dilakukan, banyak kalori dalam tubuh yang dapat terbakar. Akibatnya, berat badan akan lebih mudah terkontrol.

Bagi para pejuang diet, latihan kebugaran jasmani sangat cocok untuk dicoba. Selain membantu memaksimalkan program diet, kamu juga bisa mencegah kenaikan berat badan dan menjaganya agar ideal. 

Jenis latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan antara lain, push up, sit up, back up, angkat beban, senam aerobik, bersepeda, renang, treadmil.  

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain tujuan yang telah disebutkan, latihan kebugaran jasmani juga mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Orang yang rajin melakukan latihan ini akan tidur lebih nyenyak nnatinya. 

Meski bisa meningkatkan kualitas tidur, latihan kebugaran jasmani sebaiknya tidak dilakukan beberapa jam sebelum jam tidurmu. Bukannya mengantuk, tubuh malah akan terjaga dan kesulitan untuk tidur.

4 dari 11 halaman

Atasi Risiko Penyakit Jantung & Berdampak Positif Bagi Aktivitas Seksual

Ilustrasi© Pexels

7. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Aktivitas olahraga yang dilakukan dengan rutin bisa membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Jika peredaran darah lancar, maka bisa mengurangi risiko terserangnya penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung, stroke, obesitas, dan osteoporosis.

Melakukan latihan kebugaran jasmani juga bisa menghindarkan diri dari berbagai penyakit lainnya. Mulai dari sindrom metabolik, dibetes tipe 2, depresi, kecemasan, radang sendi hingga berbagai risiko penyakit kanker.

8. Efek Positif Bagi Aktivitas Seksual

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani berikutnya adalah bisa memberikan efek positif bagi aktivitas seksual. Dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur, maka bisa meningkatkan kepercayaan diri, terutama dalam hal penampilan fisik.

Hal inilah yang kemudian memberikan pengaruh baik pada aktivitas seksual. Rutin melakukan latihan kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan gairah seksual bagi para wanita. Bagi laki-laki, tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah cenderung bisa membantu mengatasi disfungsi ereksi daripada laki-laki yang jarang atau tidak pernah olahraga.

5 dari 11 halaman

Mempererat Hubungan Seksual & Tingkatkan Energi Tubuh

Ilustrasi© unsplash.com

9. Membangun dan Mempererat Hubungan Sosial

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani yang lainnya adalah bisa membangun hubungan sosial yang baik di antara sesama manusia. Aktivitas berolahraga yang dilakukan bersama keluarga atau teman akan menciptakan hubungan sosial yang semakin erat.

Latihan kebugaran jasmani bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama. Kamu bisa memilih kelas senam, dansa, mendaki, sepakbola, atau jenis kegiatan olahraga lainnya yang bisa dilakukan banyak orang. Pasti terasa sangat menyenangkan.

10. Tingkatkan Energi dan Stamina Tubuh

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani berikutnya adalah meningkatkan energi yang dimiliki oleh tubuh. Olahraga secara teratur dapat memperbaiki sistem kerja jantung dan paru-paru menjadi lebih baik.

Pada kondisi itu tubuh akan mendapatkan banyak energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Latihan kebugaran jasmani juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan tulang sehingga kamu tidak gampang mengalami cedera otot saat beraktivitas berat.

6 dari 11 halaman

Bakar Kalori dan Turunkan Kadar Gula Darah

Ilustrasi© unsplash.com

11. Membakar Kalori Tubuh

Latihan kebugaran jasmani dapat membantu membakar kalori dalam tubuh kamu Sahabat Dream. Kamu bisa melakukan senam aerobik atau berjalan rutin setiap hari dapat membakar kalori tubuhmu. Proses pembakaran kalori saat olahraga ini dapat membantu mempertahankan atau menurunkan berat badan.

12. Menurunkan Kadar Gula

Selain menyehatkan jantung, latihan kebugaran jasmani juga dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Sebab, ketika olahraga, sel-sel tubuh menjadi lebih mudah untukmengambil gula dari dalam darah.

Jika kamu berolahraga secara rutin, kadar gula darah kamu bisa dikontrol dnegan baik dan menjadi stabil. Sehingga kamu akan lebih sedikit terkena risiko diabetes tipe-2.

7 dari 11 halaman

Redakan Nyeri Sendi dan Perpanjang Usia

Ilustrasi© unsplash.com

13. Meredakan Nyeri Sendi

Manfaat latihan kebugaran jasmani juga bisa meredakan nyeri sendi. Olahraga, dalam hal ini berjalan rutin atau berlari-lari kecil, dapat membantu melindungi persendian, termasuk lutut dan persendian.

Latihan kebugaran jasmani juga bermanfaat mengurangi rasa sakit bagi penderita artritis. Sering berjalan dan lari kecil juga bisa membantu mencegah radang pada persendian.

14. Memperpanjang Usia

Latihan kebugaran jasmani juga dapat memperpanjang usia loh Sahabat Dream. Hal ini bisa dijelaskan dengan berbagai risiko penyakit yang semakin berkurang dari tubuh kita, sehingga kita bisa mengupayakan untuk hidup secara sehat.

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa olahraga berupa berjalan lambat maupun cepat berpengaruh pada penurunan risiko kematian secara keseluruhan. Penelitian ini mengamati hubungan antara berjalan dengan lebih cepat dan faktor-faktor seperti penyebab kematian, penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat kanker.

Dengan rutin melakukan latihan kebugaran jasmani, akan banyak manfaat kesehatan yang kamu dapatkan, sehingga akan memperpanjang usia.

8 dari 11 halaman

Cegah Stres dan Penuaan Dini

Ilustrasi© unsplash.com

15. Mencegah dan Mengurangi Stres

Manfaat latihan kebugaran jasmani bagi kesehatan mental adalah dapat mengurangi stress yang bermuara pada depresi. Gejala depresi berupa stress dapat membuat seseorang susah tidur. Dengan olahraga akan membantu meningkatkan kulaitas tidur kamu di malam hari, Sahabat Dream.

Menurut keterangan dari Alodokter, olahraga juga dapat meningkatkan kadar serotonin dalam darah yang umumnya menurun pada penderita depresi. Orang yang rutin berolahraga umumnya memiliki emosi dan kesehatan mental yang lebih baik.

16. Mencegah Penuaan Dini

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani juga bisa mencegah penuaan dini. Aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin bisa membantu melancarkan metabolisme di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah proses penuaan dini.

 

9 dari 11 halaman

Tingkatkan Kinerja Otak dan Respon Tubuh

Ilustrasi© unsplash.com

17. Tingkatkan Kinerja Otak

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani yang sanagt baik adalah bisa meningkatkan kinerja otak. Dengan melakukan latihan fisik seperti berolahraga secara rutin, akan membantu melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga bisa meningkatkan kecerdasan dan kinerja otak.

18. Meningkatkan Respon Tubuh

Respon tubuh menjadi salah satu unsur kebugaran jasmani yang sangat penting. Dengan respon tubuh yang baik maka kamu bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan cepat. Hal ini bisa didapatkan jika kamu rutin berolahraga karena bisa meningkatkan respon pada tubuh kita. 

 

10 dari 11 halaman

19. Perbaiki Suasana Hati

 Selain bagus untuk kesehatan jasmani, latihan kebugaran jasmani juga bagus untuk menjaga kesehatan mental. Sebab dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin dapat merangsang berbagai senyawa kimia dalam otak untuk merasa lebih bahagia.

Dengan berolahraga tubuh juga akan lebih rileks dan mengurangi kecemasan serta memperbaiki suasana hati yang kacau.

20. Mempertahankan dan Menyelaraskan Kondisi Tubuh

Tujuan utama latihan kebugaran jasmani adalah mempertahankan dan menyelaraskan kondisi tubuh dalam beraktivitas sehari-hari.

Latihan kebugaran jasmani yang teratur akan berdampak positif terhadap daya tahan tubuh, menambah kekuatan otot, kecepatan gerak tubuh, dan juga menjaga kesehatan persendian.

11 dari 11 halaman

Nah, itulah 20 tujuan utama latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu dapatkan. Manfaatnya tentu bisa kamu dapatkan jika kamu rutin berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

Akan tetapi jika kondisi tubuh sedang lelah, jangan memaksakan diri untuk tetap berolahraga.

Latihlah tubuhmu secara rutin dan tidak berlebihan. Apalagi bagi kamu yang memiliki masalah kesehatan jantung, diabetes, dan radang sendi, lebih baik konsultasikan ke dokter terlebih dahulu olahraga apa yang cocok untuk dilakukan.

 

(Dilansir dari berbagai sumber)

Beri Komentar